No image available for this title

Text

TEKNIK PEMBUATAN ACUAN SEPATU (SHOE LAST) DENGAN 3D PRINTING


Proses pembuatan acuan sepatu dapat dibuat secara manual dengan peralatan sederhana atau bisa juga menggunakan mesin. Seiring dengan berkembangnya teknologi 4.0, salah satu yang menudukung adalah pengunaan printer 3D. Penelitian ini akan memberikan gambaran bagaimana teknologi printer 3D digunakan untuk membuat acuan sepatu.
Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan mencari bentuk file stl acuan sepatu dengan cara browsing di internet dan pencetakan menggunakan printer 3D dengan bahan PLA dan beberapa parameter setting infil 5%, 10% dan 15%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan acuan sepatu dapat dilakukan dengan baik. Pembuatan acuan sepatu dengan printer 3D menggunakan bahan PLA divariasi dengan infil yang berbeda. Hasilnya menunjukkan secara berturut-turut, infil 5% membutuhkan waktu 12 jam 21 menit, infil 10% membutuhkan waktu 18 jam 27 menit, dan infil 15% membutuhkan waktu 21 jam 43 menit. Sedangkan kebutuhan bahan PLA untuk infil 5%, 10% dan 15% secara berturut-turut 113 gram, 188 gram dan 236 gram. Untuk bahan PLA dari penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa acuan yang dibuat tidak dapat digunakan untuk proses dengan pemanasan 120oC selama 30 menit. Tetapi acuan dapat digunakan untuk desain atau proses produksi yang tidak memerlukan pemanasan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
38 halaman, 30 cm, bibli. hal 28
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar