Image of Penambahan Proses Agancio Dan Respray Untuk Memperbaiki Warna Dan Kualitas Lapisan Finishing Artikel Madras Colour BV385 Di PT Mastrotto Indonesia. Bogor, Jawa Barat.

Text

Penambahan Proses Agancio Dan Respray Untuk Memperbaiki Warna Dan Kualitas Lapisan Finishing Artikel Madras Colour BV385 Di PT Mastrotto Indonesia. Bogor, Jawa Barat.


Karya akhir ini bertujuan untuk memperbaiki hasil kulit finish upholstery artikel MADRAS BV385 yang tidak sesuai dengan colour master sample BV385. Bahan baku yang digunakan yaitu 5 sqft kulit finish upholstery artikel MADRAS tebal 1,2–1,4 mm kualitas C50. Metode perbaikan kulit finish yang digunakan yaitu dengan melakukan penambahan proses aggancio dan respray warna. Alat yang digunakan antara lain spray gun, gelas ukur dan timbangan elektrik. Bahan yang digunakan untuk respray warna perbaikan yaitu campuran warna kuning, coklat kemerahan, merah, violet, hitam. Sedangkan proporsi bahan aggancio yang digunakan antara lain solvent auxilliary 50 gr, solvent pelarut 15 gr, adhesive agent 35 gr pada trial 1; dan solvent auxilliary 50 gr, solvent pelarut 5 gr, adhesive agent 45 gr pada trial 2. Hasil pengujian menunjukkan bahwa trial 1 mendapatkan hasil warna yang sudah sesuai namun pada uji adhesive secara organoleptis mendapatkan hasil yang kurang sempurna karena coating perbaikannya terangkat. Sedangkan hasil uji trial ke2 yaitu warna sesuai dengan nilai DE 0,23, serta uji adhesive organoleptis dan fisis mendapatkan hasil sesuai karena coating terangkat hingga bagian grainnya. Sedangkan hasil uji gosok mendapatkan hasil sesuai karena tidak terjadi kelunturan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa trial 2 menghasilkan warna yang sesuai dengan permintaan customer, serta kualitas lapisan finishing yang terbentuk baik ditandai dengan kerekatan lapisan perbaikan dan ketahanan gosok yang baik.
Kata kunci : kulit upholstery, proses finishing, recoating


Ketersediaan
TATPK23000134460 TPK 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
60 TPK 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 75 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 63
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
667.250 72 Riz p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar