Image of Implementasi K3 Berdaarkan Job Safety Analysis pada Area Komponding Di PT SEKAR WANGI GROUP (Pendekatan Dengan Metode Participatory Ergonomic)

Text

Implementasi K3 Berdaarkan Job Safety Analysis pada Area Komponding Di PT SEKAR WANGI GROUP (Pendekatan Dengan Metode Participatory Ergonomic)


PT. Sekar Wangi Group merupakan perusahaan di bidang manufaktur karet yang memproduksi rubber linning, rubber fender, elastomeric bearing pad, bollard, dan rubber hose. Tugas akhir memberikan gambaran informasi tentang penyelesaian masalah K3 pada area kerja divisi komponding yang terdapat pada perusahaan. Masalah terebut berasal dari dua (2) faktor utama yakni pada proses mixing dan pemeliharaan mesin yang menyebabkan bahan serbuk kompon karet berhamburan ke udara sehingga menggangu keselamatan kerja. Metode yang digunakan yaitu metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara, sedangkan metode pengolahan data menggunakan metode job safety analysis (JSA) dan participatori ergonomic (PE). Perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi tingkat terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja adalah dengan cara perbaikan mata mesin kneeder yang bocor, perbaikan teknik komponder, dan pemahaman lebih lanjut mengenai APD serta pemeliharaan mesin. Hasil yang didapatkan pada area kerja komponding sudah sedikit terlihat debu bahan aditif dan terasa aman dan nyaman.

Kata kunci : APD, JSA, kecelakaan kerja, komponding, K3.


Ketersediaan
TATPKP23000104861 TPKP 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
61 TPKP 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 137 halaman., 30 cm +CD. Bibli hal 47-48
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
620.82 Muc i
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar