Image of Analisis Kecacatan Pada Produk Karet Perapat Pintu Air di PT Sekar Wangi Group Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA)

Text

Analisis Kecacatan Pada Produk Karet Perapat Pintu Air di PT Sekar Wangi Group Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA)


Kecacatan pada sebuah produk merupakan hal yang sering dijumpai dalam sistem produksi. Kecacatan yang timbul pada produk perapat pintu air buatan PT Sekar Wangi Group dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Seiring terjadinya kegagalan pada produk perapat pintu air di perusahaan ini, perlu dilakukan analisis terhadap penyebab terciptanya cacat pada produk perapat pintu air. Analisis ini dilakukan dengan bantuan salah satu metode pengendalian kualitas yaitu Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) yang dapat menggambarkan tingkat cacat ,penyebab, dan solusi perbaikan yang ditawarkan. Dari hasil analisis tersebut, didapati cacat kekerasan tidak sesuai dengan nilai RPN sebanyak 315 poin. Faktor penyebab terjadinya cacat adalah faktor manusia, metode, peralatan, material, dan lingkungan. Usulan perbaikan pada permasalahan ini adalah meningkatkan pengawasan terhadap proses produksi, pembuatan SOP tertulis yang lebih detail mengenai alur produksi, dan pengembangan pengendalian kualitas dengan mengacu suatu standar sebelum produk sampai ke konsumen.
Kata kunci : Kecacatan, FMEA, pengendalian kualitas


Ketersediaan
TATPKP23000103043 TPKP 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
43 TPKP 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
vi, 48 halaman., 30 cm +CD. Bibl hal 38-39
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
678.072 Yus a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar