Image of Perbaikan Kualitas Hardness Outsole Sandal Gunung Dari Limbah Karet Melalui Reformulasi Bahan Aditif (Filler, Plasticizer, dan  Activator)(Studi Cv X Mojokerto)

Text

Perbaikan Kualitas Hardness Outsole Sandal Gunung Dari Limbah Karet Melalui Reformulasi Bahan Aditif (Filler, Plasticizer, dan Activator)(Studi Cv X Mojokerto)


Outsole atau sol luar merupakan bagian bawah dari sandal yang menjadi tolok ukur penentu kualitas dari outsole melalui uji organoleptik dan uji fisika berdasarkan SNI 778:2017. Walaupun pada SNI 2017 parameter hardness bukan lagi menjadi syarat SNI sol karet cetak, akan tetapi hardness outsole pada SNI 0778:2009 dapat menjadi acuan perusahaan untuk menentukan kualitas. Outsole merupakan salah satu produk karet cetak CV X yang terbuat dari bahan limbah karet. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah kualitas outsole yang lembek dengan tingkat hardness 40-50 Shore A. Produk dengan kualitas tersebut memiliki harga kompon Rp4.408. Tujuan dari penyusunan tugas akhir ini adalah mengetahui faktor yang memengaruhi kualitas hardness dan cara meningkatkan hardness sesuai SNI yaitu sebesar 55-80 Shore A melalui reformulasi bahan aditif yang berdampak pada turunnya harga kompon outsole. Identifikasi masalah dilakukan melalui reformulasi bahan aditif menggunakan metode perhitungan PHR dan metode penambahan berat bahan. Kemudian dilakukan percobaan serta pengujian organoleptik dan fisis. Faktor yang memengaruhi kualitas hardness antara lain penambahan filler, pengurangan plasticizer dan penambahan jenis activator. Reformulasi bahan aditif berpengaruh terhadap peningkatan hardness yang di ikuti dengan penurunan harga kompon dari Rp4.408 menjadi Rp4.289. Reformulasi dilakukan dengan penggunaan filler kalsium karbonat menjadi 42,11 PHR, filler kaolin menjadi 13,16 PHR, plasticizer menjadi 16,76 PHR, dan activator sebesar 0,5 PHR. Berdasarkan hasil uji fisis reformulasi formulasi B hardness diperoleh hasil 73,3 Shore A, ketahanan kikis sebesar 221,8 mm3, kekuatan tarik sebesar 3,33 N/mm2, dan kekuatan sobek sebesar 3,93 N/mm. Uji hardness memuhi standar SNI. Sementara hasil uji ketahanan kikis, kekuatan tarik, dan kekuatan sobek tidak memenuhi standar SNI.
Kata Kunci: Activator, Filler, Hardness, Harga Kompon, Plasticizer


Ketersediaan
TATPKP23000101629 TPKP 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
29 TPKP 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi, 73 halaman., 30 cm +CD. Bibl hal 56-60
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
678.072 Him p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar