Image of Perbaikan Proses Mekanis Stacking Vibration Kulit Crust Artikel Upper PM Generic di PT Youngil Leather Indonesia, Tangerang,  Banten.

Text

Perbaikan Proses Mekanis Stacking Vibration Kulit Crust Artikel Upper PM Generic di PT Youngil Leather Indonesia, Tangerang, Banten.


Permasalahan pada karya akhir ini yaitu terjadinya kulit split crust yang mengalami rapuh setelah proses mekanis stacking vibration. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mencegah kerapuhan pada serat kulit crust akibat proses mekanis stacking vibration. Metode yang digunakan adalah trial perbaikan dengan menambahkan perlakuan conditioning pada kulit sebelum proses mekanis stacking vibration. Materi yang digunakan trial ini menggunakan 4 kulit sapi split crust dengan ketebalan berkisar 1,1-1,3 mm. Hasil dari trial perbaikan akan dibandingkan dengan sampel blanko (sebelum perbaikan) dan standar customer. Perlakuan pada trial I sampel dilakukan conditioning dengan kisaran waktu kurang lebih 60 menit dan menghasilkan kelembapan 7,9%, dengan hasil kuat tarik kulit 1 35 (kg/cm), kulit 2 43 (kg/cm) dan kuat sobek kulit 1 7,8 (kg), kulit 2 7,9 (kg), hasil tersebut lebih baik dibandingkan sampel blanko. Pada trial II sampel dilakukan conditioning selama kurang lebih 90 menit dan menghasilkan kelembapan 9,7 %, dengan hasil kuat tarik kulit 1 53 (kg/cm), kulit 2 57 (kg/cm) dan kuat sobek kulit 1 8,9 (kg), kulit 2 9,5 (kg), hasil tersebut lebih baik dibandingkan sampel blanko dan trial I serta telah memenuhi standar customer. Dari kedua trial yang dilakukan disarankan untuk melakukan conditioning pada kelembapan 9,7%.

Kata Kunci: Conditioning, Crust rapuh, Kelembapan, Stacking vibration, Kuat tarik.


Ketersediaan
TATPK23000132945 TPK 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
45 TPK 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 52 halaman., 30 cm +CD. Bibl hal 45-46
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 2 Far p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar