Image of Implementasi Manajemen Gudang Bahan Kimia Finishing Sebagai Upaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT Budi Makmur Jayamurni, Yogyakarta, D.I Yogyakarta.

Text

Implementasi Manajemen Gudang Bahan Kimia Finishing Sebagai Upaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT Budi Makmur Jayamurni, Yogyakarta, D.I Yogyakarta.


Penggunaan bahan kimia finishing dalam proses penyamakan kulit mengandung potensi bahaya tinggi sehingga perlu adanya penerapan manajemen terhadap penyimpanan di gudang bahan kimia finishing. Gudang merupakan bagian penting dalam sebuah perusahaan. Kegiatan pergudangan (warehousing) harus memiliki sistem penyimpanan yang baik agar dapat menunjang kelancaran proses produksi maupun aktivitas-aktivitas pergudangan. Tujuan dari tugas akhir ini adalah melakukan implementasi sistem manajemen gudang bahan kimia finishing di PT Budi Makmur Jayamurni. Pengamatan dilakukan dengan melakukan inventarisasi dan identifikasi bahan kimia, analisis dan evaluasi terhadap penyimpanan bahan kimia dengan metode matriks kompatibilitas dan penyimpanan berdasarkan kelas atau kelompok. Hasil analisis menunjukkan jika gudang bahan kimia finishing PT Budi Makmur Jayamurni masih menggunakan metode penyimpanan secara acak (random storage) sehingga bisa meningkatkan risiko kecelakaan kerja sebesar 13% karena bahan kimia yang tidak kompatibel bisa menyebabkan reaktivitas. Oleh karena itu dilakukan adanya tindakan evaluasi dengan melakukan penataan ulang bahan kimia yang disesuaikan dengan pedoman matriks kompatibilitas PT Budi Makmur Jayamurni. Selain faktor penyimpanan bahan kimia, untuk mendukung terciptanya aspek keselamatan dan kesehatan kerja juga dibutuhkan adanya prosedur-prosedur kerja aman.
Kata kunci : Manajemen Gudang Bahan Kimia, Matriks Kompatibilitas, Keselamatan dan Kesehatan Kerja.


Ketersediaan
TATPK23000132844 TPK 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
44 TPK 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
x,99 halaman., 30 cm +CD. Bibl hal 78-82
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
620.82 Rid i
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar