Image of Penurunan Nilai Softness dengan Penambahan Impregnasi Pada Bagian Flesh Kulit Sapi Sebagai Bahan Baku Pembuatan Dompet Di CV. Kartika Jaya, Bantul Yogyakarta.

Text

Penurunan Nilai Softness dengan Penambahan Impregnasi Pada Bagian Flesh Kulit Sapi Sebagai Bahan Baku Pembuatan Dompet Di CV. Kartika Jaya, Bantul Yogyakarta.


Tugas Akhir bertujuan untuk memperbaiki kulit sapi artikel dompet dengan cara menurunkan nilai softness di CV. Kartika Jaya. Permasalahan yang ditemukan adalah kulit sapi artikel dompet dikembalikan oleh konsumen karena masih terlalu lemas dengan nilai presentase sebesar 75%. Materi yang digunakan adalah kulit sapi crust 2 lembar tebal 1,2-1,4 mm dan luas 52,5 sqft. Metode untuk menurunkan softness dilakukan dengan cara aplikasi impregnasi pada bagian flesh. Formulasi impregnasi menggunakan bahan air, penetrator dan polyacrylate Melio Resin A-719. Dimana yang berperan menurunkan nilai softness adalah polyacrylate Melio Resin A-719. Hasil pengujian softness secara organoleptis dan responden kulit sapi bahan baku dompet setelah impregnasi mengalami penurunan softness. Hasil pengujian softness fisis kulit sapi artikel dompet sebelum impregnasi 3,2 mm dan setelah impregnasi 1,9 mm. Hasil pengujian kuat tarik kulit sapi artikel dompet sebelum impregnasi 13,43 N/mm2 dan setelah impregnasi 17,43 N/mm2. Hasil pengujian kemuluran kulit sapi sebelum impregnasi 28,32 % dan setelah impregnasi 27,30 %. Dari pengujian organoleptis dan fisis dapat ditarik kesimpulan berupa penurunan nilai softness sekitar 50%.
Kata kunci: Finishing, Impregnasi, Softness


Ketersediaan
TATPK23000132339 TPK 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
39 TPK 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi, 58 halaman., 30 cm +CD. Bibl hal 44-45
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 2 Ghi p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar