Image of Perbaikan Pola Vamp Untuk Mengatasi Kerutan Pada Sepatu Safety Sport BRSn di PT. Bina Usaha Sejahtera Tangerang, Banten.

Text

Perbaikan Pola Vamp Untuk Mengatasi Kerutan Pada Sepatu Safety Sport BRSn di PT. Bina Usaha Sejahtera Tangerang, Banten.


PT. Bina Usaha Sejahtera adalah perusahaan yang bergerak di bidang safety shoes atau sepatu safety dengan merk Blackrhino. Blackrhino adalah anak perusahaan dari PT Bina Usaha Sejahtera yang berdiri sejak 19 Oktober 2019 di Jl. KP. Sinang Palai, Tangerang, Banten. Kegiatan magang di PT Bina Usaha Sejahtera, Tangerang, Banten mulai dilaksanakan pada 30 Januari 2023 sampai 08 Mei 2023. Tujuan dari penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan kerutan pada bagian vamp dari sample sepatu BRSn, dan memberikan solusi yang dapat mengatasi permasalahan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan studi kepustakaan. Proses perakitan sepatu BRSn diawali dengan persiapan pola, persiapan material pemotongan material, penyesetan, selanjutnya proses stitching upper dimulai dari pemberian marking, merakit vamp dengan half vamp, menjahit kedua quarter front dan back serta variasi kemudian menjahit back counter dengan quarter back, menjahit facing stay dengan komponen quarter front dan terakhir menjahit lining. Langkah terakhir adalah proses assembling, pada proses ini pada saat upper di-lasting terlihat upper sample sepatu BRSn mengalami kerutan pada bagian vamp disebabkan karena vamp pada facing stay sejajar. Adapun upaya mengatasi masalah kerutan pada bagian vamp sample sepatu BRSn yaitu, mengubah lebar pola vamp dan half vamp dengan menambahkan 8 mm pada lasting allowance lalu, mengurangi 5 mm pada setengah lingkaran vamp dan pada bagian half vamp sisi kanan dan kiri dikurangi 5 mm sehingga saat menjadi sebuah upper vamp dan facing stay tidak lagi sejajar.

Kata kunci : Pattern, Kerutan, Vamp


Ketersediaan
TATPPK23000144041 TPPK 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
41 TPPK 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 54 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 44
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
685.307 2 Nat p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar