Image of Perbaikan Kulit Bovine Artikel Upholstery Furniture Otis B dengan Metode Refinishing Di PT. Mastrotto Indonesia Bogor, Jawa Barat.

Text

Perbaikan Kulit Bovine Artikel Upholstery Furniture Otis B dengan Metode Refinishing Di PT. Mastrotto Indonesia Bogor, Jawa Barat.


Permasalahan yang terjadi di PT. Mastrotto Indonesia yaitu nilai ketahanan gosok cat basah pada kulit bovine artikel upholstery furniture “Otis B” yang masih rendah sehingga belum memenuhi standar customer. Tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan pemecahan masalah tersebut. Materi yang digunakan adalah kulit finished, dengan tebal 0,8 - 1,2 mm dan luas 20-25 sqftt, adhesive solvent, diluent solvent, penetrator, medium light polyurethane, light polyurethane, aliphatic polyurethane, cross linker. Metode perbaikan yaitu dengan penambahan persentase cross linker dari 2% menjadi 3% dan 4% pada lapisan top coat. Hasil yang diperoleh menunjukan pada nilai ketahanan gosok kering tidak mengalami perubahan yaitu sebesar 5 (tidak terdapat perpindahan warna pada veslic), sedangkan nilai ketahanan gosok cat basah untuk penggunaan cross linker sebanyak 2% menghasilkan nilai 1 (permukaan veslic dipenuhi dengan warna), penggunaan cross linker sebanyak 3% menghasilkan nilai 3 (terdapat cukup perpindahan warna pada veslic) dan penggunaan cross linker sebanyak 4% menghasilkan nilai 5 (tidak terdapat perpindahan warna pada veslic). Nilai adhesion test menunjukan peningkatan pada penggunaan cross linker sebanyak 2% menghasilkan nilai 4,15 N, penggunaan cross linker sebanyak 3% menghasilkan nilai 7,81 N, dan dengan penggunaan cross linker sebanyak 4% menghasilkan nilai 3;38 N. Sedangkan pada pengujian flexing resistance dengan penggunaan cross linker sebanyak 2%, 3%, dan 5% semua hasil menunjukan tidak ada kerusakan pada grain (no damage). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan cross linker sebesar 4% pada lapisan top coat dapat meningkatkan nilai ketahanan gosok cat basah dengan tidak mempengaruhi hasil dari pengujian adhesion test dan flexing resistance di PT. Mastrotto Indonesia.

Kata Kunci : Finishing, Top Coat, Cross Linker, Upholstery Furniture.


Ketersediaan
TATPK23000131026 TPK 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
26 TPK 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
ix, 57 halaman., 30 cm +CD. Bibl hal 46-47
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 2 Put p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar