Image of PENGARUH KOMPOSISI BAHAN DAN WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP SIFAT MEKANIK INNER BAG DI PT RAJAWALI TANJUNGSARI ENJINIRING SIDOARJO.

Text

PENGARUH KOMPOSISI BAHAN DAN WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP SIFAT MEKANIK INNER BAG DI PT RAJAWALI TANJUNGSARI ENJINIRING SIDOARJO.


Inner bag memiliki beberapa fungsi penting dalam industri pengemasan. Inner bag dapat memperpanjang masa simpan produk dengan menciptakan penghalang tambahan terhadap kondisi lingkungan yang dapat merusak produk. Berdasarkan permasalahan menurunnya sifat inner bag dan lama waktu penyimpanan, maka bagaimana pengaruh variasi komposisi HDPE, CaCO3 dan rHDPE terhadap kualitas inner bag dan efektifitas penambahan material untuk meminimalisir penurunan sifat mekanik inner bag dan mengetahui pengaruh penyimpanan yang efektif terhadap kualitas mekanik inner bag. Metode yang dilakukan dalam penyelesaian masalah adalah percobaan dan pengujian. Percobaan dilakukan dengan membandingkan hasil pengujian antara tiga formulasi berbeda. Pengujian yang digunakan yaitu pengujian kuat tarik dan perpanjangan putus, dilakukan dengan menggunakan universal testing machine (UTM). Hasil percobaan dengan pengujian menunjukkan inner bag 3 dengan formulasi HDPE 90% ; CaCO3 10% memiliki nilai kuat tarik sebesar arah mesin 2,79 kgf/cm2 ; arah melintang 1,61 kgf/cm2. Sedangkan, nilai perpanjangan putus arah mesin 10,18% dan arah melintang 5,82%. Selama penyimpanan 45 hari, terjadi sedikit penurunan sifat mekanik pada semua produk inner bag. Namun, pada inner bag 3, kuat tarik arah mesin masih sebesar 2,48 kgf/cm2. Sedangkan, nilai perpanjangan putus searah mesin adalah 8,64% dan arah melintang sebesar 4,97%. Dalam kurun waktu penyimpanan 45 hari inner bag 3 masih memenuhi syarat mutu yang ditetapkan secara internal oleh PT Rajawali Tanjungsari Enjiniring.

Kata kunci : Inner bag, formulasi, penyimpanan, sifat mekanik


Ketersediaan
TATPKP23000099712 TPKP 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
12 TPKP 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xiv, 51 halaman., 30 cm +CD. Bibl hal 41-42
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
658.562 07 Muh p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar