Image of UPAYA PERBAIKAN UNTUK MENGATASI RETAKAN PADA  KULIT SAPI UPPER SHOES MILL CETAK DI UD. ROHMAT,  MAGETAN, JAWA TIMUR.

Text

UPAYA PERBAIKAN UNTUK MENGATASI RETAKAN PADA KULIT SAPI UPPER SHOES MILL CETAK DI UD. ROHMAT, MAGETAN, JAWA TIMUR.


Artikel kulit mill cetak merupakan salah satu artikel kulit yang diproduksi di UD. Rohmat Magetan. Permasalah yang pernah ditemui selama proses produksi artikel mill cetak yaitu munculnya retakan. Tujuan dari Karya Akhir ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan munculnya retakan, melakukan upaya perbaikan untuk mengatasi retakan, dan mengevaluasi hasil yang diperoleh setelah melakukan perbaikan. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Bahan baku yang digunakan yaitu 1 side kulit mill cetak yang retak dengan luas kulit 13,5 saft. Setelah dilakukan perbaikan didapatkan hasil uji sebagai berikut : uji kilap/ tidaknya cat diperoleh nilai 4,0 (sesuai dengan standar customer), uji kelemasan diperoleh nilai 4,0 (sesuai dengan standar customer), uji kepecahan/ keretakan nerf diperoleh nilai 5,0 (tidak retak/ memenuhi standar customer), uji kelepasan cat diperoleh nilai 5,0 (lepas lepas / memenuhi standar customer), uji ketahanan gosok basah dan kering diperoleh nilai 5,0 (tidak luntur/ memenuhi standar customer), uji ketebalan didapatkan nilai 1,68 mm (sesuai standar customer), dan uji bengkuk diperoleh hasil tidak retak. Disimpulkan bahwa upaya perbaikan yang dilakukan dengan proses togling, pading cat tipis, dan lac solvent dapat menutupi permukaan grain yang retak dan dapat meningkatkan kualiatas kulit.
Kata kunci : artikel mill cetak, retak, togling, padding cat, lac solven


Ketersediaan
TATPK23000128602 TPK 2023 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
02 TPK 2023 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi 98 halaman., 30 cm +CD. Bibl halaman 76-77
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
657.207 2 Feb u
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar