Image of Pengaruh Nilai pH Netralisasi Terhadap Kelemasan Kulit Artikel Full Grain Di PT. Sumber Setia Jaya abadi, Probolinggo Jawa Timur.

Text

Pengaruh Nilai pH Netralisasi Terhadap Kelemasan Kulit Artikel Full Grain Di PT. Sumber Setia Jaya abadi, Probolinggo Jawa Timur.


Tujuan dari pelaksanaan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui pengaruh pH netralisasi terhadap karakteristik kelemasan kulit full grain di PT. Sumber Setia Jaya Abadi (PT. SSJA), Probolinggo, Jawa Timur. Metode pengambilan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, praktek kerja lapangan, dan trial. Bahan baku yang digunakan yaitu setengah kulit sapi wet blue dengan kualitas reject. Perlakuan dilakukan dengan variasi pH netralisasi yaitu 4,2; 4,4; 4,7; 5,0; dan 6,0. Dilakukan uji organoleptis terhadap kelemasan kulit oleh supervisor bagian pasca tanning PT. SSJA. Hasil yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan kelemasan kulit dari pH netralisasi rendah ke tinggi. Hasil kelemasan yang sesuai dengan standar perusahaan adalah pada pH netralisasi 4,7 yaitu kulit sedikit kaku.

Kata kunci : Kulit full grain, netralisasi, pengaruh pH, kelemasan kulit


Ketersediaan
TATPK2200127964 TPK 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
64 TPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 2 Sab p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar