Image of Penambahan Polimer Pada Proses Finishing Untuk Meningkatkan Ketahanan Gosok Pada Kulit Sapi Upper Suede di PT Sun Lee Jaya, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Text

Penambahan Polimer Pada Proses Finishing Untuk Meningkatkan Ketahanan Gosok Pada Kulit Sapi Upper Suede di PT Sun Lee Jaya, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.


PT. Sun Lee Jaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kulit, salah satu artikel yang diproduksi yaitu upper suede. Dalam kegiatan magang yang dilakukan, ditemukan permasalahan yaitu pada uji ketahanan gosok kulit sapi upper suede warna sea salt tidak sesuai dengan permintaan konsumen, sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan penambahan bahan finishing polimer. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kelunturan kulit sapi upper suede warna sea salt, mengetahui apakah penambahan polimer dapat meningkatkan nilai kelunturan pada kulit sapi upper suede, mengetahui nilai kelunturan pada kulit sapi upper suede warna sea salt. Metode yang digunakan yaitu pengamatan, wawancara, praktik kerja langsung, dan studi pustaka. Bahan baku yang digunakan yaitu kulit sapi kras suede sebanyak 229 lembar 4567 sqft, dan diambil 2 lembar untuk dilakukan trial. Perbaikan dilakukan dengan penambahan spray anti luntur menggunakan bahan polimer SFT Velour Fix sebanyak 500 gram/liter. Pada proses perbaikan dilakukan pengujian ketahanan gosok menggunakan kain kering dan kain basah. Hasil yang didapatkan sebelum dilakukan perbaikan pada pengujian ketahanan gosok memiliki nilai kelunturan 4/5 pada uji gosok menggunakan kain kering, setelah dilakukan perbaikan dengan penambahan bahan polimer SFT Velour Fix memiliki nilai 5. Hasil yang didapatkan sebelum dilakukan perbaikan pada pengujian ketahanan gosok memiliki nilai 3 pada uji gosok menggunakan kain basah, setelah dilakukan perbaikan dengan penambahan bahan polimer SFT Velour Fix memiliki nilai 4. Disimpulkan bahwa penambahan bahan polimer SFT Velour Fix mampu meningkatkan nilai kelunturan pada kulit sapi upper suede warna sea salt di PT. Sun Lee Jaya.
Kata kunci : finishing, ketahanan gosok, polimer, suede, upper


Ketersediaan
TATPK2200127560 TPK 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
60 TPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi, 60 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 49-50
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 2 Ame p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar