Image of Pemanfaatan Limbah (Lime Fleshing) Kulit Sapi Ud.Rohmat Magetan Sebagai Makanan Maggot Bsf (Black Soldier Fly) Untuk Alternatif Pakan Ikan Lele (Clarias Batrachus)

Text

Pemanfaatan Limbah (Lime Fleshing) Kulit Sapi Ud.Rohmat Magetan Sebagai Makanan Maggot Bsf (Black Soldier Fly) Untuk Alternatif Pakan Ikan Lele (Clarias Batrachus)


Tugas Akhir ini bertujuan untuk membantu penanganan masalah limbah padat lime fleshing dengan mengimplementasikan pemanfaatan limbah lime fleshing sebagai makanan bagi maggot, kemudian menganalisa kandungan maggot agar diketahui sampel maggot aman atau tidak untuk dikonsumsi makhluk hidup lainnya (utamanya pada lele), serta menganalisa kandungan protein, kalsium, dan sulfur pada sampel maggot dan sampel ikan lele. Bahan utama yang digunakan yaitu limbah lime fleshing kulit sapi dari UD. Rohmat. Tahapan proses yang dilakukan yaitu fermentasi limbah lime fleshing dengan formulasi (limbah : dedak : variable air = 8 : 1 : 2) selama 3 hari, penetasan telur maggot selama 6 hari, kemudian hasil fermentasi limbah tersebut diaplikasikan pada maggot. Pemberian fermentasi limbah pada baby maggot yaitu fermentasi limbah : berat telur maggot = (1000 : 1) dilakukan selama 9 hari, kemudian dikeringkan dan maggot diaplikasikan pada ikan lele dengan perbandingan berat maggot : jumlah ikan lele (9 : 5) selama 12 hari. Hasil pembudidayaan maggot dianalisa kandungan protein, kalsium, dan sulfurnya. Hasil analisa maggot dari ketiga variable air memiliki rata-rata kandungan protein sebesar 35,166%, kandungan kalsium sebesar 0,714%, dan kandungan sulfur sebesar 0,033%. Selain itu, maggot diaplikasikan pada ikan lele selama 12 hari. Kemudian, sampel ikan lele dianalisa kandungan protein, kalsium, dan sulfurnya. Hasil analisa ikan lele dari ketiga variable memiliki rata-rata kandungan protein sebesar 6,06%, kandungan kalsium sebesar 0,041%, dan kandungan sulfur sebesar 0,016. Hasil analisa kandungan protein, kalsium, dan sulfur dari maggot dan ikan lele, menunjukkan bahwa maggot dapat dijadikan sebagai alternatif pakan ikan lele dengan tambahan pakan pellet komersil dan dengan formulasi yang tepat serta dapat mengatasi masalah limbah lime fleshing secara efektif dan efisien.
Kata kunci/keywords : Alternatif pakan ikan lele, limbah (lime fleshing) kulit sapi, maggot BSF.


Ketersediaan
TATPK2200127459 TPK 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
59 TPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xvi, 81 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 64-65
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 2 Sak p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar