Image of Penambahan Adhesive Agent dan Compact Binder pada Proses Finishing untuk Meningkatkan Daya Rekat dan Ketahanan Gosok pada Kulit Corrected Grain Box (CGB) di PT. Elco Indonesia Sejahtera.

Text

Penambahan Adhesive Agent dan Compact Binder pada Proses Finishing untuk Meningkatkan Daya Rekat dan Ketahanan Gosok pada Kulit Corrected Grain Box (CGB) di PT. Elco Indonesia Sejahtera.


Tujuan kegiatan magang di PT. Elco Indonesia Sejahtera yaitu untuk menyelesaikan salah satu masalah yang ada di perusahaan yaitu permasalahan formulasi finishing kulit sapi artikel upper corrected grain box yang memiliki daya rekat rendah dan daya tahan cat terhadap gosokan yang kurang maksimal. Bahan utama yang digunakan yaitu ½ side kulit crust sapi dan bahan kimia yang ditambahkan yaitu adhesive agent dan compact binder masing-masing sebanyak 50%. Metode yang digunakan yaitu memperbaiki formulasi dengan penambahan adhesive agent (Melio Promul AP-39) dan compact binder (Melio Promul C-81), sehingga dapat meningkatkan daya rekat cat dan ketahanan gosok. Hasil dari percobaan perbaikan formulasi yang telah dilakukan didapatkan hasil yang sesuai standar mutu perdagangan (SNI 0234-2009) yang mana memiliki daya rekat cat tinggi saat dilakukan uji tape test dan memiliki nilai grey scale pada kain basah 4/5 yang berarti sedikit luntur dan pada kain kering 5/5 yang berarti tidak luntur. Sehingga, penambahan adhesive agent dan compact binder masing-masing sebanyak 50% dapat meningkatkan daya rekat dan ketahanan gosok pada kulit upper corrected grain box.
Kata kunci : Corrected Grain Box (CGB), adhesive agent, compact binder, daya rekat, dan ketahanan gosok.


Ketersediaan
TATPK2200127358 TPK 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
58 TPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi,64 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 58-59
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 2 Cha p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar