Image of Mengatasi Cacat Kerutan Stitching Margin Collar Lining pada Sepatu Courtic M Artikel GY305 di PT Tah Sung Hung Brebes Jawa Tengah.

Text

Mengatasi Cacat Kerutan Stitching Margin Collar Lining pada Sepatu Courtic M Artikel GY305 di PT Tah Sung Hung Brebes Jawa Tengah.


Salah satu teknologi yang mempengaruhi proses produksi sepatu yaitu proses stitching margin collar lining. Proses stitching ini menggunakan mesin jahit post bed single needle. Permasalahan yang ditemukan dalam proses stitching margin collar lining adalah jahitan berkerut, jahitan timbul, dan jahitan tidak sesuai margin pada proses stitching margin collar lining di PT Tah Sung Hung. Maka dari itu dilakukan pengamatan untuk mengurangi permasalahan yang terjadi pada proses stitching margin collar lining. Tujuan dari Tugas Akhir ini yaitu mengidentifikasi permasalahan, mengetahui faktor penyebab, dan memberikan solusi pada proses stitching margin collar lining. Materi yang dibahas dalam tugas akhir ini yaitu permasalahan pada collar lining. Pengambilan data menggunakan beberapa metode, diantaranya: observasi, interview, dokumentasi, praktik, dan studi pustaka. Faktor penyebab terjadinya jahitan berkerut pada proses stitching margin collar lining di PT Tah Sung Hung disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: pertama faktor manusia yaitu operator memanjangkan hasil jahitan dalam jumlah banyak. Kedua faktor mesin yaitu kesalahan setingan sekoci, dan ketegangan benang pada tension terlalu tinggi. Ketiga faktor metode yaitu SOP yang kurang tepat. Keempat faktor material yaitu ketebalan material, tekstur material, dan material berserabut. Untuk mengurangi permasalahan jahitan berkerut pada collar lining sepatu Courtic M GY3050 yang disebabkan oleh faktor metode dan mesin terdapat beberapa solusi diantaranya melakukan pengecekan kondisi mesin jahit secara berkala dengan terjadwal, pengecekan tegangan benang bagian atas dan bawah sesering mungkin oleh operator, material yang digunakan bertekstur kasar, ketebalan material 5 mm adapun toleransi tidak di kurang dari 3 mm dan lebih dari 8 mm, check point pada SOP stithing margin collar lining berbeda dengan stitching collar lining to upper. Dengan adanya solusi tersebut permasalahan jahitan berkerut pada sepatu Courtic M GY3050 di PT Tah Sung Hung dapat teratasi.
Kata Kunci: Menjahit, Kerutan, Collar, Sepatu


Ketersediaan
TATPPK220001383127 TPPK 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
127 TPPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi, 90 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 77
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
685.307 2 Feb m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar