Image of Alat Ukur Untuk Mengatasi Permasalah ketidaksesuaian Panjang Tali Jepit Sandal Tomahawk Pinch di PT Venamon, Bandung, Jawa Barat.

Text

Alat Ukur Untuk Mengatasi Permasalah ketidaksesuaian Panjang Tali Jepit Sandal Tomahawk Pinch di PT Venamon, Bandung, Jawa Barat.


PT Venamon merupakan industri manufaktur yang bergerak di bidang alas kaki, mulai dari produksi sepatu PDH (Pakaian Dinas Harian), sepatu PDL (Pakaian Dinas Lapangan) serta memproduksi produk sandal. Salah satu sandal yang diproduksi yaitu artikel sandal Tomahawk Pinch dan konstruksinya terdiri dari tiga bagian yakni upper (strap), midsole, dan outsole. Tujuan penyusunan tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui penyebab permasalahan serta pemberian solusi perbaikan pada defect panjang tali jepit tidak sama dari hasil proses assembling sandal Tomahawk Pinch. Proses assembling merupakan proses penggabungan antara upper dan bottom sandal, setelah melalui proses perakitan dari devisi sewing. Materi yang menjadi objek penelitian ini sandal Tomahawk Pinch yang mengalami cacat beda panjang tali jepit antara kanan dan kiri. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, interview, dokumentasi, serta dengan metode studi pustaka. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat defect panjang tali jepit tidak sama yang ditemukan pada hasil inspeksi oleh In-Process Quality Control proses assembling sandal Tomahawk Pinch. Faktor penyebab timbulnya defect panjang tali jepit tidak sama ini disebabkan karena faktor manusia (man), diakrenakan kurang telitinya operator dalam pengolesan lem pada reinforce dan strap webbing dan faktor metode (method) dikarenakan pengerjaan proses lasting oleh operator yang kurang sesuai dengan prosedur, serta belum adanya alat ukur untuk mengukur panjang tali jepit sandal Tomahawk pinch. Solusi perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi timbulnya defect panjang tali jepit tidak sama pada sandal Tomahawk pinch yaitu dengan memberikan pemahaman dan wawasan kepada operator sebelum proses produksi serta menyempurnakan metode pengerjaan (SOP) secara spesifik dan pembuatan alat ukur panjang tali jepit yang spesifik. Hasil perbaikan menunjukan adanya angka penurunan defect panjang tali jepit tidak sama hingga 76,74 % dengan jumlah penurunan 33 pasang, sehingga dapat disimpulkan bahwa defect panjang tali jepit tidak sama pada sandal Tomahawk Pinch dapat dikendalikan.
Kata kunci : Sandal Tomahawk Pinch, Assembling, Tali jepit


Ketersediaan
TATPPK220001377122 TPPK 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
122 TPPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
x, 85 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 66-67
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
685.307 2 Iin a
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar