Image of Modifikasi Alat Bantu Pelindung Jari Pada Mesin Heel Seam Flattening Untuk Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT Shoenary Javanesia Inc, Temanggung, Jawa Tengah Tengah.

Text

Modifikasi Alat Bantu Pelindung Jari Pada Mesin Heel Seam Flattening Untuk Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT Shoenary Javanesia Inc, Temanggung, Jawa Tengah Tengah.


PT Shoenary Javanesia Inc (PT SJI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang alas kaki yang berada di daerah Temanggung, Jawa Tengah. Pengamatan dilaksanakan dari tanggal 8 Maret hingga 8 April 2022 di bagian produksi Converse. Tujuan karya akhir ini adalah menganalisis masalah K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) yang terjadi pada proses hammering dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab dominan dan memberikan usulan perbaikan untuk mencegah dan menurunkan risiko kecelakaan kerja. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur/pustaka. Proses hammering adalah salah satu proses yang ada dalam bagian sewing, dimana dalam prosesnya memiliki risiko terjadinya kecelakaan kerja berupa terjepitnya jari pada palu mesin heel seam flattening. Berdasarkan hasil pengolahan data untuk mengidentifikasi faktor penyebab masalah dapat disimpulkan bahwa permasalahan disebabkan karena tidak ada batas antara jari dan palu mesin heel seam flattening. Untuk mengatasi permasalahn yang terjadi pada proses hammering penulis melakukan modifikasi alat bantu pelindung jari yang dilakukan dari tahap persiapan, pengumpulan data, pembuatan konsep desian, pemilihan desain final, pembuatan prototipe, proses pembuatan alat bantu pelindung jari, proses trial atau uji coba, evaluasi hasil mengenai alat bantu pelindung jari yang telah dibuat pada mesin heel seam flattening, pembuatan standar serta pengumpulan informasi tambahan atau intruksi khusus yang harus ditekankan dalam proses hammering atau proses produksi.
Kata Kunci: Proses Hammering, Mesin Heel seam flattening, Kecelakaan Kerja, Keselamatan Kesehatan Kerja (K3)


Ketersediaan
TATPPK22000132065 TPPK 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
65 TPPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 92 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 78-79
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
361.407 2 Nur m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar