Image of Pengaruh BIOZYM SY Pada Proses Re-bating Terhadap Kelemasan Kulit Domba Artikel Garment Di PT Elco Indonesia Sejahtera, Garut, Jawa Barat.

Text

Pengaruh BIOZYM SY Pada Proses Re-bating Terhadap Kelemasan Kulit Domba Artikel Garment Di PT Elco Indonesia Sejahtera, Garut, Jawa Barat.


Kegiatan pelaksanaan karya akhir ini dilaksanakan di PT Elco Indonesia Sejahtera, Garut, Jawa barat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Biozym SY sebagai bahan Re-bating terhadap kelemasan kulit domba artikel garment. Bahan baku trial yang digunakan adalah 2 lembar kulit pikel domba dengan luas sebesar 11,53 sqft (standar sqft 30x30cm), dengan berat 1,8kg dan 1 lembar kulit finished sebagai sampel pembanding. Metode penyelesaian masalah yang digunakan adalah dengan metode percobaan atau (trial). Tahapan proses meliputi penentuan formulasi konsentrasi BIOZYM SY untuk proses Re-Bating, penentuan proses Re-bating dengan menggunakan BIOZYM SY, dan pengujian organoleptis dan fisis kelemasan kulit domba garment. Cara kerja dilakukan dengan menambahkan konsentrasi BIOZYM SY sebanyak 2% dan 3% pada proses Re-bating kulit domba artikel garment. Faktor yang mempengaruhi proses Re-bating dengan menggunakan BIOZYM SY untuk meningkatkan kelemasan kulit adalah suhu (30ºC-35ºC), pH (7-8), dan putaran drum (120menit). Hasil pengujian kelemasan menunjukan bahwa penggunaan BIOZYM SY sebanyak 2% dan 3% menghasilkan kelemasan lebih tinggi dibandingkan kulit sampel, dengan nilai kelemasan berturut-turut yaitu 5, 4,75, dan 4,5 mm, hal ini selaras dengan uji organoleptis oleh 4 responden yang menyatakan tingkat kelemasan kulit trial sudah sesuai. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kelemasan kulit dengan penambahan BIOZYM SY sebanyak 2% sesuai dengan SNI 4593-2011 (5,0-7,5) dan standar konsumen, sedangkan penambahan BIOZYM SY 3% sesuai dengan standar konsumen tetapi belum sesuai dengan SNI 4593-2011.
Kata Kunci : Bating agent, BIOZYM SY, Kelemasan kulit, Re-bating


Ketersediaan
TATPK2200124531 TPK 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
31 TPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi, 46 halaman., 30 cm +CD. Bibliografi hal 40-41
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 2 Rya p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar