Image of Modifikasi Formulasi Dan Teknologi Proses Natural Look Finish Untuk Efisiensi Biaya Dan Peningkatan Kualitas Artikel Natural Leather Kulit Sapi Upper Pada Proses Finishing.

Text

Modifikasi Formulasi Dan Teknologi Proses Natural Look Finish Untuk Efisiensi Biaya Dan Peningkatan Kualitas Artikel Natural Leather Kulit Sapi Upper Pada Proses Finishing.


Industri pengolahan kulit untuk memenuhi kebutuhan dan kegunaan dari leather yang semakin berkembang mengikuti zaman dan tren fashion, maka kualitas yang dihasilkan harus baik dan memenuhi berbagai macam spesifikasi yang diberikan oleh pelanggan. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk membuat hasil akhir kulit dengan kualitas yang lebih baik dan biaya yang lebih rendah namun tetap mengutamakan kesesuaian dengan permintaan dari customer. Materi yang digunakan adalah kulit sapi crust 2 lembar dengan luas masing-masing 23.25 sqft yang kemudian dilakukan finishing. Metode yang digunakan untuk tugas akhir ini adalah dengan pengembangan formulasi dan teknologi proses yang kemudian data hasil yang didapatkan dibandingkan dengan formulasi standar dari perusahaan. Hasil yang didapatkan diantaranya identifikasi cacat yaitu terdapat banyak rajah tergambar, cacat terbuka, dan growth mark pada kulit, peningkatan kualitas dari kualitas reject menjadi kualitas 2, penyesuaian karakter akhir kulit yang dihasilkan dengan permintaan customer, penurunan biaya produksi sebesar 55%, dan pemenuhan kebutuhan terhadap Uji Laboratorium yaitu rub fastness untuk dry sebesar 5 dan untuk wet sebesar 3 dengan melebihi standar yaitu 2. Dengan penggunaan formulasi modifikasi didapatkan kulit yang sesuai dengan karakter yang diminta oleh customer, kualitas yang meningkat, dengan penurunan biaya produksi dan memenuhi Uji Laboratorium.

Kata Kunci: Efisiensi biaya, Leather finishing, Natural Leather, Peningkatan kualitas.


Ketersediaan
TATPK2200121502 TPK 2022 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
02 TPK 2022 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi, 72 halaman., 30 cm +CD. Bibl hal 69-71
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 2 Kho m
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
PRODI TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar