Image of Rekayasa Alat Pres Steel Shank Sepatu Dengan Penggerak Sistem Ulir Pada Proses Pembuatan Sepatu Untuk Industri Kecil (Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit)

Text

Rekayasa Alat Pres Steel Shank Sepatu Dengan Penggerak Sistem Ulir Pada Proses Pembuatan Sepatu Untuk Industri Kecil (Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit)


Sebagian besar pengrajin sepatu tergolong industri kecil dan bersifat industri rumahan yang masih bekerja dengan cara yang masih tradisional dengan modal yang terbatas. Untuk menempelkan penguat sepatu yang terbuat dari besi/shank pada sol, terutama untuk sepatu/alas kaki dengan hak yang relatif tinggi masih dengan cara dipukul-pukul dengan menggunakan palu untuk melakukan pembentukan/pembengkokan besi penguatnya. Hal tersebut mengakibatkan proses penempelan yang relatif lama karena untuk membentuk besi penguat mengikuti kontur dari acuannya sendiri membutuhkan waktu yang rrelatif lama. Untuk mengatasi hal ini dirancanglah mesin press steel shank yang harganya masih terjangkau untuk para pengrajin sepatu/alas kaki rumahan. Oleh karena itu Penulis melakukan perancangan melalui suatu Penelitian ” REKAYASA ALAT PRES STEEL SHANK SEPATU DENGAN PENGGERAK SISTEM ULIR PADA PROSES PEMBUATAN SEPATU UNTUK INDUSTRI KECIL”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat mesin pres steel shank dengan sistem ulir yang memanfaatkan prinsip tekanan yang sistem kerjanya menyederhanakan mekanisme pengepresan yang menggunakan mesin pabrikan dengan membandingkan dan menggabungkan proses penekanan dengan palu. Cara kerjanya dengan memberikan tekanan pada steel shank dengan penerus gaya sistem ulir yang akan membuat proses pembentukan steel shank dalam proses pembentukannya lebih mudah dan cepat. Hasil penelitian menunjukkan hasil pembengkokan steel shank sepatu dapat terbentuk secara optimal dan sempurna, menyesuaikan tinggi hak yang akan dipasangkan. Dimensi alat tersebut adalah yaitu 40 cm x 25 cm x 50 cm, berat 25 Kg.


Ketersediaan
PD140008Vol 13, 1 Agustus 2014Ruang Utama PerpustakaanTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
Vol 13, 1 Agustus 2014
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
12 hlm., 30 cm +PDF
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
ISSN 1411-7703
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar