Image of Pengaruh Penambahan Phenol Formaldehid Termodifikasi Natrium Silikat Terhadap Lem Sepatu Berbasis Karet (Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit)

Text

Pengaruh Penambahan Phenol Formaldehid Termodifikasi Natrium Silikat Terhadap Lem Sepatu Berbasis Karet (Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit)


Penelitian bertujuan untuk mempelajari sifat karakteristik perekatan; seperti viskositas, tack dan peel strength dari lem sepatu. Lem sepatu yang digunakan dalam penelitian berbasis karet dengan bahan dasar campuran karet alam dan karet sintetis SBR, sedangkan toluen digunakan sebagai pelarut dalam keseluruhan penelitian. Komposisi SBR dalam campuran adalah 0, 20, 40, 60, 80 dan 100% berat. Tiga variasi penambahan resin phenol formaldehid pada formula pembuatan lem yang digunakan adalah 40, 80 dan 120 per hundred parts of rubber (phr). Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa viskositas lem turun dengan semakin naiknya % SBR, sedangkan loop tack memiliki nilai maksimum pada 20% SBR untuk keseluruhan variasi penambahan resin. Nilai peel strength menunjukkan hasil maksimum pada 60% SBR untuk ketiga model peel test, kecuali pada sampel kontrol (tanpa penambahan resin). Untuk nilai % SBR yang sama, sampel lem yang mengandung resin phenol formaldehid 40 phr selalu menghasilkan nilai loop tack dan peel strength paling tinggi, sehingga bisa disimpulkan bahwa komposisi ini akan memberikan nilai wettability dari lem ke substrat yang optimum juga.


Ketersediaan
PD140009Vol 13, 1 Agustus 2014Ruang Karya IlmiahTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
Vol 13, 1 Agustus 2014
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
16 hlm., 30 cm +PDF
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
ISSN 1411-7703
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar