Image of Pengaruh Metode Kontrol Proses Terhadap Proses Pasca Tanning untuk Artikel Safety Upper Shoes di UD. Rizky Leather Magetan, Jawa Timur.

Text

Pengaruh Metode Kontrol Proses Terhadap Proses Pasca Tanning untuk Artikel Safety Upper Shoes di UD. Rizky Leather Magetan, Jawa Timur.


Tugas akhir ini dilaksanakan di UD. Rizky Leather Magetan, Jawa Timur. Permasalahan yang ditemukan yaitu kontrol proses netralisasi untuk artikel safety upper shoes di UD. Rizky Leather Magetan kurang begitu diperhatikan karena kontrol pada pabrik hanya dilakukan dengan capaian waktu proses sehingga kontrol proses kurang efektif. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk melakukan kontrol proses netralisasi pada artikel safety upper shoes. Kontrol proses dilakukan dengan mengidentifikasi pH kulit dan pH cairan menggunakan kertas pH universal, pH meter dan larutan indikator BCG. Bahan baku yang digunakan yaitu kulit sapi wet blue dengan jumlah 70 side dan berat 250 kg kemudian di shaving dengan ketebalan 1,6 – 1,8 mm. Bahan pembantu netralisasi yang digunakan yaitu air, natrium formiat 1%, dan natrium bikarbonat (soda kue) 0,5%. Hasil pengamatan pH selama perbaikan kontrol proses untuk artikel safety upper shoes adalah pH cairan5 dengan kertas pH universal dan 5,1 dengan pH meter, serta penampang kulit berwarna hijau dengan indikator BCG. Kontrol proses netralisasi diketahui dapat memperbaiki tahapan proses pasca tanning selanjutnya, yakni mempercepat proses dyeing dan mencegah pecahnya molekul minyak di permukaan pada proses fatliquoring.
Kata kunci : Netralisasi, kontrol proses, bahan pembantu, safety upper shoes


Ketersediaan
31700223622 TPK 2021 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
22 TPK 2021 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi, 54 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 42-43
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 Muh p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar