Image of Peningkatan Ketahanan Cat Dasar Kulit Split Wet Blue Sapi Artikel Nubuck Upper Dengan Penggunaan Bahan Fixing Agent  Pada Proses Top Dyeing Di PT Garut Makmur Perkasa Garut, Jawa Barat.

Text

Peningkatan Ketahanan Cat Dasar Kulit Split Wet Blue Sapi Artikel Nubuck Upper Dengan Penggunaan Bahan Fixing Agent Pada Proses Top Dyeing Di PT Garut Makmur Perkasa Garut, Jawa Barat.


Kegiatan pelaksanaan karya akhir dilakukan di PT Garut Makmur Perkasa, Garut, Jawa Barat. Kegiatan karya akhir bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan fixing agent yaitu Sincal DR untuk meningkatkan ketahanan luntur pada kulit wet blue sapi artikel nubuck upper. Bahan baku yang digunakan adalah kulit split sapi wet blue kualitas AB, tebal 1,6-1,7 mm, jumlah 2 side dengan luas total yaitu 38 sqft, dan berat setelah dishaving sebesar 11,5 kg. Bahan pembantu yang digunakan dalam pemecahan masalah adalah Sincal DR sebagai fixing agent. Metode yang digunakan dalam penyusunan karya akhir ini yaitu metode observasi, wawancara, praktek kerja langsung, dan studi pustaka. Penggunaan Sincal DR sebagai fixing agent dilakukan untuk meningkatkan fiksasi dengan serat kulit, dan meningkatkan ketahanan gosok cat kulit. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan di Laboratorium Pengujian Fisis Politeknik ATK Yogyakarta sebelum penggunaan fixing agent yaitu Sincal DR ketahanan gosok kulit nubuck upper menunjukkan nilai 3 pada kain kering, dan nilai 2 pada kain basah yang artinya kulit mengalami kelunturan, selanjutnya setelah dilakukan penggunaan fixing agent hasil uji ketahanan gosoknya menunjukkan nilai 4 (tidak luntur) pada kain kering, nilai 3/4 (tidak luntur) pada kain basah. Penggunaan fixing agent sebanyak 1 % dari berat kulit dapat meningkatkan ketahanan gosok cat pada kain basah dan dan kain kering untuk kulit nubuck upper. Berdasarkan hasil uji ketahanan gosok kulit nubuck upper tersebut telah memenuhi standar SNI 06-4036-1996.
Kata Kunci : Nubuck Upper, Uji ketahanan gosok cat, Dyeing, Fixing agent


Ketersediaan
31700217504 TPK 2021 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
04 TPK 2021 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xiii, 94 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 82-83
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
667.250 7 Dan p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar