Image of Mengatasi Cacat Jahitan Kendur Pada Proses Perakitan Upper Sepatu Sneakers Merk Getzke Artikel GE-199 di PT. Putri Riwaru Jaya.

Text

Mengatasi Cacat Jahitan Kendur Pada Proses Perakitan Upper Sepatu Sneakers Merk Getzke Artikel GE-199 di PT. Putri Riwaru Jaya.


PT. Putri Riwaru Jaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang persepatuan yang memproduksi insole dan sepatu dengan brand GETZKE, perusahaan ini berada di Serang, Banten. Artikel yang diambil sebagai bahan penelitian yaitu artikel sepatu GE-199. Pengamatan dilakukan di bagian Stitching. Tugas akhir ini bertujuan menganalisa masalah yang ada pada perakitan atasan sepatu, faktor penyebab masalah, dan solusi yang diberikan pada proses stitching. Metode yang digunakan untuk memperoleh data primer terdiri dari teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan praktek kerja langsung, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan teknik kepustakaan dan media online. Materi yang akan diamati berhubungan dengan cacat jahitan (stitching) pada upper agar mutu dari produk tetap berkualitas. Berdasarkan hasil pengamatan penulis terdapat beberapa permasalahan pada proses perakitan atasan sepatu, diantaranya: Trimming Treat, Stitching Margin, Stitching Per Inch, dan loose stitch. Batasan masalah adalah cacat loose stitch (Jahitan Kendur). Masalah tersebut terjadi dari beberapa faktor yaitu operator tidak menerapkan SOP yang sudah ada, alur pemasangan benang tidak tepat, kurangnya perawatan pada mesin jahit, dan ruang lingkup yang tidak nyaman. Solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada yaitu dengan cara perawatan pada mesin jahit secara teratur, usulan SOP pengecekan benang dan pemasangan spool dengan skoci dan pengawasan kepala bagian stitching perlu ditingkatkan, sehingga permasalahan cacat hasil stitching upper dapat diminimalisir.

Kata Kunci: Stitching, Cacat Jahitan, upper.


Ketersediaan
31700187478 TPPK 2020 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
78 TPPK 2020 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 78 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 61-62
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
78 TPPK 2020 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar