Image of Perancangan Optimalisasi Pembuatan Insole Artikel GE Menggunakan Sistem Grouping di PT. Putri Riwaru Jaya, Serang, Banten.

Text

Perancangan Optimalisasi Pembuatan Insole Artikel GE Menggunakan Sistem Grouping di PT. Putri Riwaru Jaya, Serang, Banten.


PT Putri Riwaru Jaya adalah salah satu perusahaan yang memproduksi insole sepatu dalam skala besar untuk didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia dan dalam pengembangan produksi sepatu dengan merek getzke. PT Putri Riwaru Jaya dalam pembuatan insole perusahaan menerapkan sistem press molding menggunakan mesin cold press molding untuk membentuk lembaran EVA menjadi bentuk insole sesuai desgin dan selanjutnya lembaran EVA yang sudah berbentuk dipotong menggunakan mesin cutting dies menjadi sepasang insole. Materi yang diamati adalah insole artikel GE menggunakan sistem grouping Dari hasil pengamatan selama magang tersebut ditemukan permasalahan pada sistem kerja proses press dan proses pemotongan insole. Permasalahan pada proses press terdapat pada sistem pembuatan plat molding yang berdampak pada cost perawatan plat dan waktu proses press kurang optimal, lalu permasalahan pada proses pemotongan terdapat pada mekanisme kerja proses pemotongan insole yang berdampak pada kurangnya hasil produksi insole sesuai target, peningkatan reject major pada insole dan waktu proses pemotongan kurang optimal. Berdasarkan pengamatan, identifikasi masalah dan analisis dari permasalahan tersebut diusulkan penerapan sistem grouping pada proses press dengan penerapan sistem pembuatan plat molding dan pada proses pemotongan dengan penerapan mekanisme kerja saat proses pemotongan insole. Dari kesimpulan yang didapat pada penerapan sistem grouping pada proses pembuatan insole dapat dilakukan untuk mengoptimalkan waktu serta hasil dari produk insole, namun pada penerapan sistem tersebut masih memiliki kendala akan dampak yang dihasilkan maka disarankan pada penerapan sistem grouping dibutuhkan persiapan yang matang dari SPEC (spesification) pembuatan plat serta pembuatan KIK (kartu instruksi kerja) untuk pedoman pada proses pemotongan insole.
Kata kunci: grouping, insole, press, pemotongan


Ketersediaan
31700182136 TPPK 2020 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
36 TPPK 2020 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 60 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 53
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
36 TPPK 2020 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar