Image of Pemberian Marking Dalam Mengurangi Defect Pada Hasil Lasting Yang Miring Di PT Seho Makmur Industri, Sumedang, Jawa Barat.

Text

Pemberian Marking Dalam Mengurangi Defect Pada Hasil Lasting Yang Miring Di PT Seho Makmur Industri, Sumedang, Jawa Barat.


PT Seho Makmur Industri adalah perusahaan yang bergerak di bidang persepatuan khususnya sepatu militer. PT Seho Makmur Industri melakukan produksi sesuai dengan pesanan yang ada dan dituntut untuk menghasilkan produk yang baik dan tepat waktu. Permasalahan yang dihadapi PT Seho Makmur Industri pada saat ini adalah terjadi cacat pada upper hasil lasting miring. Karya akhir ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah cacat berupa lasting miring pada proses perakitan sepatu di PT Seho Makmur Industri. Berdasarkan hasil pengamatan cacat lasting miring memerlukan pengulangan proses lasting untuk memperbaiki cacat tersebut. Proses perbaikan tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga dapat menghambat proses produksi serta target produksi yang tidak terpenuhi. Hal ini tentu menyebabkan kerugian pada perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu perbaikan untuk mengatasi cacat tersebut karena proses lasting merupakan proses yang paling penting dalam pembuatan sepatu. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode kepustakaan dan lapangan. Solusi dalam mengurangi defect lasting miring adalah dengan pemahaman SOP lasting, serta pemberian marking pada bagian feather edge sebagai tanda untuk meletakkan upper pada jepitan pincer agar tidak terjadi lasting miring juga pemberian marking titik center upper pada pola agar operator dapat menempatkan upper pada titik center saat proses lasting. Berdasarkan solusi yang penulis coba terapkan pada perusahaan dapat meminimalisir cacat pada hasil lasting.

Kata kunci: cacat, lasting, marking.


Ketersediaan
31700181732 TPPK 2020 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
Subyek: Defek
No. Panggil
32 TPPK 2020 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 80 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 72
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
32 TPPK 2020 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar