Image of Analisa Pengaruh Parameter Setting Suhu Barrel Tekanan Injeksi serta Cooling Time terhadap Cacat Sink Mark di PT Autoplastik Indonesia.

Text

Analisa Pengaruh Parameter Setting Suhu Barrel Tekanan Injeksi serta Cooling Time terhadap Cacat Sink Mark di PT Autoplastik Indonesia.


Penggunaan plastik di dunia semakin berkembang pesat, termasuk pada bidang industri otomotif di Indonesia. Proses pembuatan plastik yang paling umum digunakan yaitu cetak injeksi. Cacat produk merupakan permasalahan yang sering terjadi yang akan mengakibatkan kerugian dari segi material hingga waktu yang terbuang. Salah satu cacat yang paling dominan saat dilakukan trial yaitu sink mark. Sink mark merupakan cacat berbentuk cekungan pada permukaan produk, hal ini bisa disebabkan oleh pengaturan parameter yang kurang tepat. Tujuan penulisan karya akhir ini untuk mengetahui pengaruh suhu barrel, tekanan injeksi, serta cooling time terhadap cacat sink mark. Dari hasil percobaan diketahui penyebab cacat sink mark terjadi karena suhu barrel yang terlalu rendah, tekanan injeksi yang rendah, serta waktu pendinginan yang singkat. Hasil setting terbaik dicapai pada suhu barrel zona I 200 °C, zona II 185 °C, zona III 200 °C, dan zona IV 220 °C pada tekanan injeksi zona I 90 bar, zona II 110 bar, zona III 110 bar, zona IV 80 bar, dan cooling time selama 30 detik.
Kata kunci: Cetak Injeksi, Sink Mark, Cacat Produk, Tekanan Injeksi, Suhu Barrel


Ketersediaan
31700178135 TPKP 2020 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
35 TPKP 2020 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 48 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 39-40
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
35 TPKP 2020 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar