Image of Pengendalian Kualitas Cacat Bubble Pada Produk Karet Ribbed Smoke Sheet (RSS) Menggunakan Metode Quality control Circle (QCC) Di PT. Perkebunan Nusantara IX Jawa Tengah Kebun Merbuh.

Text

Pengendalian Kualitas Cacat Bubble Pada Produk Karet Ribbed Smoke Sheet (RSS) Menggunakan Metode Quality control Circle (QCC) Di PT. Perkebunan Nusantara IX Jawa Tengah Kebun Merbuh.


Pengendalian kualitas yang dilaksanakan dengan baik akan memberikan dampak terhadap mutu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. PT Perkebunan Nusantara IX Jawa Tengah Kebun Merbuh adalah perusahaan yang memproduksi Karet RSS, dimana saat ini mengalami kecacatan produk berupa Bubble. Bubble merupakan cacat produk yang ditandai dengan gelembung-gelembung yang terperangkap dalam produk. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan tindakan pengendalian kualitas dengan menggunakan metode Quality Control Circle (QCC) alat bantu pengolahan data (seven tools). Tujuan dari Penulisan Tugas Akhir ini yaitu untuk mengidentifikasi faktor – faktor penyebab kecacatan produk dan memberikan solusi perbaikan untuk mengatasi kecacatan produk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi cacat bubble karet RSS antara lain manusia, bahan baku, mesin, metode dan lingkungan. Dengan demikian solusi perbaikan yang dapat dilakukan untuk cacat bubble dengan cara petugas selalu rutin mengecek dan mengontrol ulang kinerja operator, meningkatkan teliti perhitungan KKK terhadap lateks yang akan diolah, menyetel ulang mesin sebelum digunakan, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan perusahaan.
Kata Kunci :Ribbed Smoke Sheet, Bubble, Quality Control Circle


Ketersediaan
31700175825 TPKP 2020 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
Subyek: Karet Ribbed Smoke Sheet
No. Panggil
25 TPKP 2020 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xiii, 103 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 86-88
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
25 TPKP 2020 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar