Image of Optimalisasi Proses Pasca Tanning dengan Penambahan Dispersing Agent pada  Tahap Retanning untuk Mengurangi Kadar COD (Chemical Oxygen Demand)

Text

Optimalisasi Proses Pasca Tanning dengan Penambahan Dispersing Agent pada Tahap Retanning untuk Mengurangi Kadar COD (Chemical Oxygen Demand)


Karya akhir di PT. ECCO Tannery Indonesia ini bertujuan untuk melakukan percobaan dalam menurunkan kadar COD (Chemical Oxygen Demand) pada proses fiksasi setelah fatliquoring dengan penambahan dispersing agent. Proses percobaan pengujian kadar COD menggunakan limbah cair dari proses fiksasi setelah fatliquoring. Metode yang digunakan dalam tugas akhir yaitu observasi, wawancara, kerja lapangan, dan studi pustaka. Penurunan kadar COD dilakukan dengan menganalisis karakteristik chemical dan limbah cair yang dihasilkan dari proses fiksasi fatliquoring untuk artikel upper shoes, melakukan proses pasca tanning dengan fomulasi standar dan trial, pengujian COD, serta membandingkan hasil analisis COD dengan standar baku mutu. Penambahan 10% dispersing agent dapat menurunkan kadar COD dari 62200 mg/L menjadi 56550 mg/L, dengan persentase penurunan 9,08%. Pengukuran COD dilakukan dengan spektrofotometer UV-Vis. Hasil dari percobaan dengan penambahan dispersing agent pada proses pasca tanning belum optimal dalam menurunkan kadar COD pada limbah cair penyamakan kulit.

Kata Kunci : COD, Pasca Tanning, Dispersing agent, Fiksasi, Spektrofotometer UV-Vis


Ketersediaan
31700174128 TPK 2020 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
28 TPK 2020 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 74 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 65-66
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
28 TPK 2020 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar