Image of Perbaikan Kelemasan Kulit pada Artikel Sheep Cabretta Pearl White dengan Merubah Formulasi Fatliquoring di PT Adi Satria Abadi  Yogyakarta.

Text

Perbaikan Kelemasan Kulit pada Artikel Sheep Cabretta Pearl White dengan Merubah Formulasi Fatliquoring di PT Adi Satria Abadi Yogyakarta.


Pelaksanaan magang dilakukan di PT Adi Satria Abadi yang beralamatkan Dusun Banyakan I, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta. PT Adi Satria Abadi bergerak dalam bidang pembuatan sarung tangan (glove) baik sarung tangan golf, horse, maupun dress. Pelaksanaan Tugas Akhir ini bertujuan untuk menemukan solusi alternatif dari masalah pada proses pasca tanning khususnya fatliquoring untuk meningkatkan kelemasan kulit sheep cabretta pearl white dengan mengubah formulasi proses fatliquoring yaitu menambah prosentase fatliquor yang digunakan. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dari literatur serta internet, sedangkan materi yang digunakan dalam pelaksanaan tugas akhir proses fatliquoring sheep cabretta pearl white adalah kulit domba wet blue dengan kualitas D dengan tebal shaving 0,5-0,55 mm. Bahan pembantu yang digunakan dalam proses fatliquoring adalah Pellan 802, Lipoderm Liquor SAF, Tannit LSW, Peramit MLN, Icatan 300 dan Chronos. Tahapan proses yang digunakan yaitu wetting back, netralisasi, retanning, fatliquoring, fixing I, top fat dan fixing II. Hasil tugas akhir didapatkan dengan melakukan perubahan formulasi pada fatliquoring yaitu dengan menambahkan minyak sebanyak 17,5% pada proses fatliquoring berdasarkan literatur. Dengan penambahan minyak tersebut tentu diharapkan meningkatkan kelemasan yang sesuai dengan standar customer kulit sheep cabretta pearl white, serta mempengaruhi kuat tarik dan kemuluran kulit tersebut.

Kata kunci : Fatliquoring, Kelemasan, Cabretta, Minyak


Ketersediaan
31700173724 TPK 2020 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
Subyek: Kelemasan Kulit
No. Panggil
24 TPK 2020 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 79 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 68-69
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
24 TPK 2020 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar