Image of Penambahan Persentase Fatliquor Agent untuk Meningkatkan Kuat Tarik Artikel Kulit Sheep Cabretta Di PT Sayung Adhimukti Demak, Jawa Tengah.

Text

Penambahan Persentase Fatliquor Agent untuk Meningkatkan Kuat Tarik Artikel Kulit Sheep Cabretta Di PT Sayung Adhimukti Demak, Jawa Tengah.


Proses pembuatan kulit sheep cabretta menggunakan bahan baku wet blue Turkey kualitas IV-V, tebal shaving 0,45mm-0,5mm. Bahan pembantu yang digunakan dalam proses fatliquoring adalah Pellastol ET, Pellastol LP, Perfectol HQ, Peramit LSW, PM 4700, Ombrelon PM, dan Magnopal SOF. Tahapan proses yang digunakan yaitu wetting back, retanning, netralisasi, dyeing, fatliquoring, dan fixing. Hasil pengujian organoleptis kulit sheep cabretta di PT Sayung Adhimukti belum memenuhi standar perusahaan tentang kuat tarik, sehingga dilakukan trial untuk menambahkan fatliquor Peramit LSW. Kulit yang dihasilkan diuji kualitas fisis dan organoleptis. Pengujian fisis didapatkan nilai kuat tarik yang meningkat rata-ratanya dari 85,62 kg/cm2 menjadi 96,41 kg/cm2. Secara organoleptis kulit tidak mudah sobek. Kekuatan tarik artikel kulit sheep cabretta sudah sesuai SNI 06- 0777-1996 tentang kulit sarung tangan golf samak krom dari domba atau kambing yaitu minimal 75,0 kg/cm2.

Kata kunci: bahan peminyak, kuat tarik, cabretta


Ketersediaan
31700145343 TPK 2019 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
43 TPK 2019 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 67 hlm., ilus., 30 cm. bibli hal 54
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
43 TPK 2019 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar