Image of Penggunaan Polyurethane Dispersion Pada Formulasi Top Coat untuk Perbaikan Ketahanan Gosok Kulit Sapi Artikel Upholstery di PT Lembah Tidar Jaya Magelang.

Text

Penggunaan Polyurethane Dispersion Pada Formulasi Top Coat untuk Perbaikan Ketahanan Gosok Kulit Sapi Artikel Upholstery di PT Lembah Tidar Jaya Magelang.


). Metode yang digunakan dalam proses pengecatan cat tutup yaitu metode spray. Metode yang digunakan yaitu metode observasi, interview, praktek kerja langsung, studi pustaka.Hasil Kulit yang diperoleh berwarna hitam, brmotif, permukaan licin dengan ketahanan gosok yang baik. Faktor Faktor yang mempengaruhi ketahanan gosok cat tutup adalah pemilihan jenis bahan finishing,urutan proses finishing dan metode finishing. Hasil pengujian kulit sapi upholstery terkait penggunaan bahan polyurethane dispersion terhadap ketahanan gosok cat tutup yang dilakukan secara organoleptis telah memenuhi syarat karena tidak adanya noda yang menempel pada kain saat digosok selama pengulangan 10 kali. Pengujian dilanjutkan di BBKKP untuk mendapatkan hasil yang terukur. Pengujian ketahanan gosok cat tutup dari hasil trial kulit upholstery dengan standar ISO 20433 : 2012 didapatkan hasil sampel bahwa dengan kondisi kain kering dan basah sebelum penggunaan polyurethane dispersion menunjukkan nilai ketahanan gosok 4/5 dan 4/5, sedangkan untuk kulit setelah penggunaan polyurethane dispersion dengan kondisi kain kering dan basah menunjukkan nilai ketahanan gosok 5 dan 4/5. Penggunaan bahan polyurethane dispersion pada formulasi finishing kulit upholstery menghasikan ketahanan gosok yang lebih baik, sehingga apabila dibandingkan dengan standar customer akan sesuai dan dapat digunakan untuk bahan baku kulit upholstery.

Kata kunci : polyurethane dispersion, kulit crust sapi, finishing, upholstery , ketahanan gosok


Ketersediaan
31700145141 TPK 2019 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
41 TPK 2019 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 96 hlm., ilus., 30 cm. bibli hal 85
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
41 TPK 2019 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar