Image of Peningkatan kelemasan kulit crust artikel upper napa softy dengan penambahan bahan fatliquor di PT Lembah Tidar Jaya Magelang Jawa Tengah.

Text

Peningkatan kelemasan kulit crust artikel upper napa softy dengan penambahan bahan fatliquor di PT Lembah Tidar Jaya Magelang Jawa Tengah.


Tugas Akhir di PT Lembah Tidar Jaya bertujuan mengetahui peningkatan kelemasan kulit crust artikel upper nappa softy dengan penambahan bahan kimia (minyak nabati) pada formulasi proses fatliquoring di PT Lembah Tidar Jaya. Hasil pengujian organoleptis sebelum perbaikan proses fatliquoring tidak memenuhi standar customer. Bahan baku yang digunakan adalah kulit sapi untuk artikel upper nappa softy di PT Lembah Tidar Jaya. Metode percobaan yang digunakan yaitu experiment atau trial dengan metode fatliquoring dengan tahapan proses wetting back 1, sammying, shaving, wetting back 2, fatliquoring, dyeing, fixing, sammying setting out, vaccum, hanging, staking, dan toggling. Materi yang digunakan dalam pelaksanaan Tugas Akhir proses fatliquoring upper nappa softy kulit crust meliputi kulit wet blue, kulit crust, dan bahan pembantu yang digunakan dalam proses fatliquoring adalah Ginsol ND, Asam Formiat, Alcotan SND 1, Minyak Nabati, Brown HH, Fix 404, dan Busan 30. Proses pembuatan kulit upper nappa softy menggunakan bahan baku kulit crust kualitas C dengan berat 1kg, tebal 1,4mm dan luas 7sqft. Setelah melakukan trial didapatkan hasil dengan penambahan formulasi kelemasan kulit meningkat, penambahan formulasi proses fatliquoring meningkatkan kualitas kulit, dan hasil pengujian organoleptis didapatkan hasil berupa kelemasan kulit yang sudah memenuhi standar customer. Penambahan bahan kimia (minyak nabati) dapat meningkatkan kelemasan kulit sebesar 2,14 (memenuhi standar customer).

Kata Kunci : Kulit Crust, Minyak Nabati, Fatliquoring, Upper Nappa Softy


Ketersediaan
31700144636 TPK 2019 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
36 TPK 2019 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi 63 hlm., ilus., 30 cm. bibli hal 52
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
36 TPK 2019 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar