Image of Perubahan Formulasi Base Coat Untuk Peningkatan Efek Polishing & Burnishing Pada Proses Finishing  Kulit Upper Nappa Burnish Di CV Karya Makmur Sejahtera Garut, Jawa Barat.

Text

Perubahan Formulasi Base Coat Untuk Peningkatan Efek Polishing & Burnishing Pada Proses Finishing Kulit Upper Nappa Burnish Di CV Karya Makmur Sejahtera Garut, Jawa Barat.


Kegiatan pelaksanaan magang di CV Karya Makmur Sejahtera bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari perbaikan kualitas efek polishing (kilap) dan burnishing (gosong) dan faktor yang mempengaruhinya, serta hasil uji organoleptis dan fisis pada proses finishing kulit sapi, khususnya untuk artikel nappa burnish. Bahan baku yang digunakan adalah 2 side kulit crust sapi kualitas II dengan luas 32 sqft dan tebal 1,2 mm. Bahan pembantu yang digunakan untuk perbaikan formulasi dalam memunculkan efek polishing dan burnishing adalah eurowax 5239. Metode yang digunakan yaitu metode praktik kerja lapangan dengan melakukan trial dan pengujian hasil kulit dilakukan secara Organoleptis. Berdasarkan hasil perbaikan dengan menggunakan eurowax 5239 sebanyak 2% pada tahapan base coat, diperoleh hasil uji organoleptis berupa uji kerataan warna, kelepasan nerf, polish test, burnish test yang memiliki nilai rata-rata 8, dan diperoleh uji fisis berupa uji ketahanan gosok memiliki nilai basah (4), kering (3) serta uji kekuatan rekat cat tutup dengan nilai rata-rata basah (41,6 g), kering (150 g), uji organoleptis dan fisis telah sesuai dengan standard customer dan standar SNI 4901-2009 (kulit bagian atas alas kaki-kulit nappa).
Kata kunci: Wax, efek burnishing dan polishing, nappa burnish.


Ketersediaan
31700142215 TPK 2019 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 TPK 2019 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 76 hlm., ilus., 30 cm. bibli hal 65-66
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
15 TPK 2019 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPk
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar