Image of Pengaruh Bahan Foaming Agent dan Blowing Agent Terhadap Ketebalan Kulit Sintesis Artikel Oxy Emboss di PT. Sempurnaindah Multinusantara Jawa Barat.

Text

Pengaruh Bahan Foaming Agent dan Blowing Agent Terhadap Ketebalan Kulit Sintesis Artikel Oxy Emboss di PT. Sempurnaindah Multinusantara Jawa Barat.


PT Sempurnaindah Multinusantara merupakan perusahaan yang bergerak dan mengembangkan berbagai macam artikel kulit sintetis, salah satunya yaitu artikel oxy yang memiliki standar tebal 0,97 mm. Artikel oxy mengalami cacat tebal berkurang setelah proses emboss. Kecacatan disebabkan oleh jumlah penambahan blowing agent dan foaming agent tidak tepat, sehingga perlu dilakukan percobaan dalam skala laboratorium dengan tiga variasi jumlah blowing agent dan foaming agent. Formulasi satu merupakan formulasi standar artikel oxy dengan jumlah blowing agent sebanyak 3 phr serta foaming agent 2 phr. Hasil uji tebal menggunakan thickness gauge memperoleh hasil sebesar 0,91 mm. Formulasi dua blowing agent berjumlah 2,25 phr dan foaming agent sebanyak 1,5 phr menghasilkan hasil uji ketebalan 0,97 mm. Formulasi tiga blowing agent 3,75 phr dan foaming agent 2,5 phr menghasilkan ketebalan sebesar 1,16 mm. Hasil pengujian tebal yang paling sesuai standar artikel oxy yaitu formulasi dua 0,97 mm dengan jumlah blowing agent dan foaming agent yang paling sedikit dibandingkan formula satu dan tiga. Tebal tipis nya kulit sintetis dipengaruhi oleh jumlah blowing agent dan foaming agent.
Kata kunci : Blowing agent, foaming agent, kulit sintetis.


Ketersediaan
31700141050 TPKP 2019 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
50 TPKP 2019 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 46 hlm., ilus., 30 cm. bibli hal 37-39
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
50 TPKP 2019 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar