Image of Pengaruh Kalsium Karbonat (CaCO₃) Terhadap Kuat Tarik Benang Plastik Pada Proses Pembuatan Produk Karung Woven Bag Di PT Gunawan Fajar Nganjuk, Jawa Timur.

Text

Pengaruh Kalsium Karbonat (CaCO₃) Terhadap Kuat Tarik Benang Plastik Pada Proses Pembuatan Produk Karung Woven Bag Di PT Gunawan Fajar Nganjuk, Jawa Timur.


Benang plastik adalah benang yang dibuat dari bahan polipropilene dan bahan pengisi (CaCO₃) yang digunakan untuk membuat produk karung plastik yang di hasilkan dengan proses extrusi, jenis karung yang di produksi yaitu woven bag dan jumbo bag. Produk karung plastik banyak digunakan oleh masyarakat luas, dikarenakan karung plastik dapat menjadi kemasan untuk penyimpanan barang dalam jangka waktu yang cukup lama. Produk karung plastik yang baik dipengaruhi oleh faktor kuat tarik benang plastik yang sesuai standar. Kuat tarik benang plastik dipengaruhi oleh formulasi bahan yang digunakan. Pada proses pembuatan benang plastik di PT Gunawan Fajar digunakan variasi formulasi. Formulasi 1 menggunakan 100 kg dan 50 kg CaCO₃. Formulasi 2 menggunakan 50 kg PP murni, 25 kg CaCO₃, dan 12,5 PP daur ulang. Formulasi 3 menggunakan 50 kg PP murni, 4 kg CaCO₃, dan 50 kg PP daur ulang. Formulasi 1 didapatkan hasil kuat tarik sebesar 3,86 Kgf, formulasi 2 sebesar 3,69 Kgf, dan formulasi 3 sebesar 4,84 Kgf. Dari data hasil uji kuat tarik benang plastik dapat diketahui bahwa formulasi yang baik untuk pembuatan benang plastik yaitu formulasi 3 dengan formulasi PP murni 50 kg, kalsium karbonat (CaCO₃) 4 kg, dan PP daur ulang 50 kg didapatkan kuat tarik sebesar 4,84 Kgf. Hasil tersebut sudah memenuhi standar kuat tarik benang plastik yaitu 4,6 Kgf. Jumlah komposisi kalsium karbonat paling berpengaruh terhadap kuat tarik benang plastik, karena semakin banyak komposisi kalsium karbonat (CaCO₃) kuat tarik benang plastik semakin rendah

Kata kunci : Benang plastik, kuat tarik, kalsium karbonat (CaCO₃).


Ketersediaan
31700140344 TPKP 2019 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
44 TPKP 2019 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi, 35 hlm., ilus., 30 cm. bibli hal 24-25
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
44 TPKP 2019 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar