Image of Pengendalian Kualitas Botol Kemasan Dengan Metode Statistical Quality Control (SQC) Pada Perusahaan Plastik di Bogor, Jawa Barat.

Text

Pengendalian Kualitas Botol Kemasan Dengan Metode Statistical Quality Control (SQC) Pada Perusahaan Plastik di Bogor, Jawa Barat.


Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui penerapan kontrol kualitas dengan menggunakan alat statistik untuk mengontrol tingkat cacat dalam produksi kemasan botol plastik. Analisis pengendalian kualitas dilakukan dengan menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC) dengan alat-alat berupa lembar periksa, histogram, peta kendali p, diagram pareto dan diagram sebab-akibat. Lembar periksa dan histogram digunakan untuk mempermudah dalam menyajikan data untuk analisis lebih lanjut. Peta kendali p digunakan untuk memonitor produk yang cacat apakah masih berada dalam kendali statistik atau tidak. Diagram pareto digunakan untuk mengidentifikasi cacat yang paling dominan dan diagram sebab-akibat digunakan untuk mencari faktor penyebab terjadinya cacat produk. Hasil analisis menggunakan peta kendali p menunjukkan bahwa proses produksi dalam keadaan tidak terkendali. Diagram pareto menunjukkan bahwa cacat yang paling dominan yaitu penyok dan leher retak. Penyebab cacat produk dipengaruhi oleh faktor: manusia, metode, mesin, dan lingkungan. Oleh karena itu untuk menekan tingkat cacat produk, tindakan perbaikan yang diusulkan berupa perbaikan pada stretch rod secara berkala dan mencari parameter yang optimal pada mesin cetak injeksi untuk pembuatan preform sebagai upaya pencegahan cacat produk.

Kata kunci : Pengendalian Kualitas, Statistical Quality Control, Cacat produk.


Ketersediaan
31700139536 TPKP 2019 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
36 TPKP 2019 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xiv, 99 hlm., ilus., 30 cm. bibli hal 87-89
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
36 TPKP 2019 c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar