Image of Pengendalian kualitas hasil cutting komponen quarter sepatu sport artikel LCH 720 di PT Intidragon Suryatama, Mojokerto, Jawa Timur.

Text

Pengendalian kualitas hasil cutting komponen quarter sepatu sport artikel LCH 720 di PT Intidragon Suryatama, Mojokerto, Jawa Timur.


PT Intidragon Suryatama merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang alas kaki yang terletak di Kota Mojokerto, Jawa Timur. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis alas kaki seperti sepatu sport, sepatu casual, sepatu anak-anak, dan sandal dengan brand PRO ATT. Selain itu, perusahaan ini juga bekerja sama dengan brand luar negeri seperti Bata, North Star, Lubrene dan lain sebagainya. Selama magang, penulis mengamati proses cutting komponen quarter sepatu sport artikel LCH 720. Tujuan penyusunan tugas akhir ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan dan penyebab permasalahan yang terjadi pada proses cutting quarter dan memberikan usulan perbaikan masalah yang terjadi pada proses cutting komponen quarter sepatu sport artikel LCH 720. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni pengumpulan data primer (observasi, wawancara, dan dokumentasi) dan data sekunder (literatur online maupun offline). Untuk analisis data, alat pengendalian kualitas yang digunakan adalah diagram cause and effect. Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data, terdapat permasalahan pada hasil cutting yakni hasil cutting komponen quarter yang tidak sesuai pola/pattern komponen yang ada, serat benang yang mengerut, dan hasil cutting komponen quarter bertepatan dengan sambungan bahan. Dari permasalahan tersebut, didapatkan data cacat terbanyak pada serat benang mengerut dengan jumlah 1.025 pasang atau 6,10%. Akar penyebab dari permasalahan serat benang mengerut adalah pemeliharaan dan penggunaan cutting dies yang tidak tepat. Adapun usulan perbaikan masalah yang dapat digunakan untuk mengurangi cacat serat benang mengerut yakni dibuatkan formulir pemeliharaan rutin cutting dies yang diisi setiap tiga hari sekali.

Kata Kunci: Pengendalian, Kualitas, Cutting, Sepatu Sport, dan Quarter

Bibliografi halaman 72-73


Ketersediaan
TATPPK24000156782 TPPK 2024 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
82 TPPK 2024 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xiv, 93 halaman., 30 cm +CD.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
685.307 2 Yam p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar