Image of Upaya pengendalian kualitas cacat meluber sepatu texan menggunakan metode PDCA di PT Primarindo Asia Infrastucture TBK, Bandung, Jawa Barat.

Text

Upaya pengendalian kualitas cacat meluber sepatu texan menggunakan metode PDCA di PT Primarindo Asia Infrastucture TBK, Bandung, Jawa Barat.


Bidang industri selalu berusaha untuk meningkatkan performa. Salah satunya dengan melakukan penjaminan mutu melalui pengendalian kualitas. PT. Infrastruktur Asia Primarindo Tbk. adalah salah satu industri besar yang bergerak di bidang produksi sepatu yang mengedepankan kualitas serta mutu dari produk Tugas akhir ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, produktifitas dan menurunkan produk cacat. Cacat yang sering terjadi yaitu cacat meluber pada saat proses penyablonan. Metode yang digunakan dalam melaksanakan Tugas Akhir ini yaitu metode PDCA (Plan-Do-Check-Action) dan juga eksperimen. Pada tahap Plan dilakukan identifikasi masalah serta pengumpulan data, analisis data dengan menggunakan pendekatan 5W+1H, diagram pareto, grafik serta diagram sebab-akibat untuk diketahui penyebab dari cacat meluber. Selanjutnya pada tahap Do dilakukan serangkaian eksperimen sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan meluber. Pada eksperimen ini didapatkan hasil perbaikan bahwa persentase 30% larutan cyc dan 70% gel dapat meminimalisir cacat sehingga jumlah cacat dapat menurun sebesar 2,74%. Pada tahap Check dibuat checksheet untuk mengecek perkembangan produk yang sedang dilakukan perbaikan, serta pada tahap Action dilakukan standarisasi untuk menetapkan standar produk berdasarkan eksperimen dan perbaikan yang telah dilakukan serta penegasan SOP kepada operator dilapangan.

Kata Kunci: PDCA, Meluber, Sepatu, Pengendalian Kualitas.

Bibliografi halaman 54-55


Ketersediaan
TATPPK24000150924 TPPK 2024 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
24 TPPK 2024 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xii, 66 halaman., 30 cm +CD.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
685.307 2 Muh u
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar