Image of Penerapan mrp (material requirement planning) dalam pengendalian persediaan bahan baku di PT Rapindo Plastama Mojokerto (studi kasus customer sidoraya utama kode barang CLKG-15000294)

Text

Penerapan mrp (material requirement planning) dalam pengendalian persediaan bahan baku di PT Rapindo Plastama Mojokerto (studi kasus customer sidoraya utama kode barang CLKG-15000294)


Persediaan bahan baku maupun barang jadi bagi perusahaan manufaktur, merupakan setengah dari aset perusahaan. Pengelolaan persediaan yang baik diperlukan untuk memperlancar proses produksi dan mencegah terjadinya overstock maupun stockout. Perencanaan persediaan bahan baku pada PT Rapindo Plastama sering mengalami overstock bahan baku, yang mengakibatkan kerusakan material dan juga melonjaknya biaya operasional penyimpanan. Oleh karena itu studi ini bertujuan sebagai referensi perusahaan dalam melakukan pengelolaan persediaan bahan baku. Pada studi ini metode yang digunakan adalah metode Min-Max, Reorder Point (ROP), dan Economy Order Quantity (EOQ), ketiga metode tersebut diimplementasikan pada kode barang CLKG-15000294. Berdasarkan ketiga metode tersebut yang cocok untuk diimplementasikan sesuai kondisi perusahaan adalah Min-Max dan Reorder Point (ROP). Metode Min-Max diterapkan untuk mengetahui stock minimum bahan baku, stock maksimum bahan baku dan juga jumlah yang harus dipesan. Sedangkan metode Reorder Point (ROP) digunakan sebagai patokan untuk dilakukannya pembelian ulang setelah mencapai titik tersebut. Hasil studi didapat metode Min-Max menghemat biaya pembeliaan bahan baku PE 1 sebesar 80,7%, bahan baku PE 2 sebesar 98%, dan bahan baku PE 3 sebesar 96%.
Kata kunci : MRP, Min-Max, ROP, EOQ, Bahan baku

Bibliografi halaman 42-46


Ketersediaan
TATPKP24000107008 TPKP 2024 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 TPKP 2024 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xi, 68 halaman; 30 cm +CD.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
658.507 2 Aid p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPKP
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar