Image of Reformulasi finishing pada kulit upholstery artikel soft torello 228 untuk meningkatkan kekuatan flexing di PT. Mastrotto Indonesia, Bogor, Jawa Barat.

Text

Reformulasi finishing pada kulit upholstery artikel soft torello 228 untuk meningkatkan kekuatan flexing di PT. Mastrotto Indonesia, Bogor, Jawa Barat.


PT. Mastrotto Indonesia merupakan perusahaan yang melakukan proses finishing kulit dengan memproduksi artikel Upholstery dan Automotive menggunakan bahan baku crust dyed impor. Tujuan karya akhir adalah memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan kekuatan flexing yang mengakibatkan lapisan finishing kulit terdapat defek pecah-pecah (crack) artikel Upholstery Soft Torello 228. Defek pecah-pecah (crack) disebabkan karena penggunaan chemicals (binder) yang relatif hard pada lapisan finishing kulit. Defek ini menyebabkan kulit finish Upholstery Soft Torello 228 tidak memenuhi standar customer. Bahan baku yang digunakan untuk melakukan trial yaitu 5 sqft kulit crust dyed pada bagian pantat, kualitas C50 – C60, tebal 1,4 mm – 1,6 mm. Metode untuk mengatasi masalah tersebut dengan trial reformulasi di proses finishing menggunakan binder yang lebih soft dengan cara direct spray. Kulit finish hasil reformulasi pada proses finishing direct spray menunjukkan pengujian flexing 50.000 cycles dengan hasil No Damage (tidak mengalami pecah/crack). Hasil uji ini menunjukkan kulit hasil trial sudah memenuhi standar customer.


Kata Kunci : Upholstery, reformulasi finishing, flexing, crack.

Bibliografi halaman 59-61


Ketersediaan
TATPK2400134501 TPK 2024 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
01 TPK 2024 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xiii,72 halaman.; 30 cm +CD.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
675.207 2 Ren r
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar