Image of Penghitungan bom untuk penentuan estimasi kebutuhan material kulit pada proses cutting (Studi Kasus Sepatu Pdl Artikel Vibrant 8.3.2 Di PT Venamon Bandung, Jawa Barat)

Text

Penghitungan bom untuk penentuan estimasi kebutuhan material kulit pada proses cutting (Studi Kasus Sepatu Pdl Artikel Vibrant 8.3.2 Di PT Venamon Bandung, Jawa Barat)


PT Venamon adalah salah satu perusahaan industri manufaktur di bidang garmen dan safety shoes yang berada di Bandung, Jawa Barat. Beberapa produk yang dihasilkan antara lain berupa sepatu PDH (Pakaian Dinas Harian) dan sepatu PDL (Pakaian Dinas Lapangan) untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah yaitu Polri, Polda, TNI, serta berbagai instansi pemerintah lainnya. Sebelum proses produksi, dilakukan penghitungan dan penentuan standar BOM (Bill of Material) yang sesuai dengan spesifikasi material. Penentuan BOM dilakukan untuk mengetahui spesifikasi material yang akan digunakan dan penghitungan standar BOM dilakukan untuk mengetahui jumlah material yang dibutuhkan selama proses produksi berlangsung, sehingga dapat menghindari dead stock dan kekurangan material. Pada tahap pemotongan material sepatu PDL artikel Vibrant 8.3.2 ditemukan masalah yaitu ketidaksesuaian standar BOM dengan realisasi pemotongan. Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya ketidaksesuaian standar BOM dengan realisasi pemotongan serta memberikan solusi untuk ketidaksesuaian standar BOM dengan realisasi pemotongan Permasalahan ini terjadi karena adanya perbedaan antara penghitungan rata-rata penggunaan material untuk setiap pasang sepatu dengan standar BOM yang telah ditentukan. Perbedaan antara standar BOM dan rata-rata penggunaan material per pasang yang tidak sesuai dapat mempengaruhi stok material untuk proses pemotongan berikutnya. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan melakukan eksperimen atau uji coba. Eksperimen dilakukan sebanyak tiga kali. Eksperimen pertama adalah dengan penyesuaian interlocking antara pihak development dengan realisasi di lapangan, eksperimen kedua dengan penghitungan akumulasi keseluruhan kebutuhan jumlah material untuk setiap size, dan eksperimen yang ketiga yaitu mengubah standar size. Dari evaluasi terhadap hasil eksperimen diketahui bahwa penyesuaian interlocking pola memiliki pengaruh signifikan dan dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan.
Kata kunci: pemotongan, Bill of Material, interlocking, sepatu PDL

Bibliografi hal 101-102


Ketersediaan
TATPPK24000149409 TPPK 2024 c.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
09 TPPK 2024 c.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xvii, 142 halaman, 30 cm +CD.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
658.307 2 Dwi p c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar