Image of Penambahan reinforce untuk mengatasi komponen back heel   miring pada proses assembling sepatu PDL artikel leon di PT Venamon, Bandung, Jawa Barat.

Text

Penambahan reinforce untuk mengatasi komponen back heel miring pada proses assembling sepatu PDL artikel leon di PT Venamon, Bandung, Jawa Barat.


PT Venamon merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri alas kaki dengan hasil produksi berupa sepatu PDH dan PDL untuk kebutuhan instansi pemerintahan seperti TNI dan POLRI. Pada saat pelaksanaan kegiatan magang di PT Venamon, penulis menemukan beberapa permasalahan pada proses assembling, salah satunya yaitu komponen back heel miring. Cacat ini ditandai dengan ketidaksejajaran komponen back heel, yaitu miring ke kanan atau kiri sehingga tidak sesuai dengan pola marking yang telah dibuat sebelumnya. Jenis cacat ini sangat terlihat sehingga tidak dapat dilanjutkan ke tahap finishing sebelum dilakukan perbaikan ulang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pengumpulan data sekunder yaitu dari jurnal dan kepustakaan. Hasil analisis faktor penyebab dari permasalahan cacat tersebut disebabkan oleh faktor material (kulit terlalu soft dan mulur serta kulit memiliki ketebalan kurang dari standar yang ditetapkan perusahaan). Dari faktor metode (tidak ada SOP untuk jahit zig-zag) serta dari faktor manusia (kurang pengalaman pada operator jahit). Penyelesaian masalah pada faktor material yaitu dengan penambahan reinforce pada komponen back heel. Lalu dari faktor metode adalah pembuatan standar operasional prosedur untuk jahit zig-zag agar operator memiliki acuan dalam menjahit khususnya pada sepatu artikel leon. Sedangkan penyelesaian dari faktor manusia adalah usulan pelatihan kerja pada operator jahit zig-zag. Hasil penerapan langsung pada produksi didapat jumlah cacat dari 0,61% menjadi 0,03%.

Kata kunci: Sepatu PDL, Back heel miring, Reinforce, Jahit zig-zag

Bibliografi Halaman 67-68


Ketersediaan
TATPPK24000148803 TPPK 2024 c..1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
03 TPPK 2024 c..1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
90 halaman., 30 cm + Pdf
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
685.307 2 Dia p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Informasi Lainnya
Artikel
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar