Text
Penerapan Standar Operasional Prosedur (Sop) Untuk Mengatasi Cacat Emboss Logo Mengkerut Pada Gantungan Kunci Di PT Nandhi Radja Nusantara Surabaya Jawa Timur
PT. Nandhi Radja Nusantara merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 2014 berlokasi di Surabaya Jawa Timur. Memproduksi barang-barang dari kulit seperti tas, dompet, ikat pinggang, sarung tangan, gantungan kunci, dan lain-lain. Dalam pembuatan gantungan kunci ditemukan masalah dalam proses emboss logo. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mencari solusi dalam mencegah dan mengurangi permasalahan dalam proses emboss logo. Materi yang diamati adalah meliputi proses pembuatan gantungan kunci terutama pada proses emboss logo. Metode yang digunakan dalam mencari data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu Cause dan Effect Diagram (fishbone), metode pemecahan untuk pemecahan masalah yakni metode eksperimen. Berdasarkan metode tersebut ditemukan bahwa terdapat beberapa hal yang mempengaruhi cacat produk pada proses emboss, karyawan kurang memahami tentang proses emboss dan jenis kulit yang digunakan. Hasil dari pengamatan dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi cacat yaitu menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada proses emboss logo gantungan kunci, supaya bisa menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat menekan jumlah reject pada emboss logo.
Kata kunci: Proses Emboss, Standar Operasional Prosedur (SOP), Cacat
TATPPK230001474 | 75 TPPK 2023 c.1 | Ruang Karya Ilmiah | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain