Text
Perbandingan Uji Mekanik dan Pengusangan Pada Komposit Karet RSS dan SIR 20 untuk Bahan Baku Bantalan Jembatan
Bantalan jembatan diproduksi dengan pencampuran bahan baku karet alam dan karet sintetis untuk mendukung beban tekan vertikal dari balok jembatan dengan pilar beton. Karet alam yang digunakan Ribbed Smoked Sheet (RSS) dan Standard Indonesian Rubber 20 (SIR 20), sedangkan karet sintetis yang digunakan Styrene Butadiene Rubber (SBR). Tugas akhir ini bertujuan untuk membandingkan kedua hasil uji mekanik dan pengusangan terhadap kompon karet bahan baku karet alam untuk produk karet bantalan jembatan. Pengambilan data dilakukan dengan metode pengujian mekanik (meliputi kekerasan, kuat tarik dan perpanjangan putus) dan pengusangan. Hasil percobaan menunjukkan kompon karet SIR 20 memiliki nilai kekerasan lebih tinggi daripada kompon karet RSS. Nilai kuat tarik dan perpanjangan putus kompon karet RSS 1 lebih tinggi daripada kompon karet SIR 20. Nilai uji kekerasan kompon SIR 20 setelah pengusangan meningkat sebesar 4,1%, sedangkan kompon RSS 1 meningkat sebesar 6,8%. Nilai kuat tarik kompon SIR 20 mengalami penurunan 6,6%, sedangkan kompon RSS 1 mengalami penurunan 23% setelah pengusangan. Nilai perpanjangan putus karet RSS 1 setelah pengusangan menurun nilainya lebih banyak daripada kompon karet SIR 20. Hasil percobaan dan uji mekanik menyatakan bahwa kompon karet RSS memiliki nilai uji mekanik yang baik sebelum uji pengusangan, sedangkan kompon karet SIR 20 memiliki nilai uji mekanik yang lebih stabil setelah uji pengusangan. Meskipun demikian, karet sintetis perlu ditambahkan dalam pembuatan bantalan jembatan untuk memiliki sifat ketahanan cuaca dan ozon.
Kata kunci: Bantalan Jembatan, RSS, SIR, Uji mekanik, Uji Pengusangan
TATPKP230001012 | 27 TPKP 2023 c.1 | Ruang Karya Ilmiah | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain