Text
Pengendalian Kualitas Cacat Produk pada Proses Curing Ban Dalam Mobil dengan Metode Statistical Quality Control (SQC) di PT Sarana Jaya Serbaguna
Adanya ditemukan produk cacat pada salah satu produk ban dalam mobil menunjukkan bahwa proses pengendalian kualitas yang dilakukan oleh PT. NAYABANA belum maksimal. Hal ini bisa jadi dikarenakan perusahaan kurang selektif dalam proses pengendalian kualitas baik saat proses produksi maupun saat pemeriksaan terhadap produk.Dengan bertujuan mengetahui produk yang dihasilkan sesuai dengan kualitas ditetapkan,mengetahui jenis defect yang dihasilkan dan mengetahui cara meminimalisir cacat produk pada proses curing. Metode yang digunakan berupa Analisis Peta Kendali –P,Histogram dan Diagram Pareto. Pada penelitian ini didapatkan hasil analisis data didapatkan bahwa nilai CL sebesar 0.0130, nilai UCL tertinggi yaitu sebesar 0.041 dan LCL terendah yaitu sebesar -0.015. Berdasarkan peta kendali p diatas dapat dilihat bahwa data yang diperoleh tidak seluruhnya berada dalam batas kendali yang telah ditetapkan. Terdapat satu titik yang berada diluar batas kendali, sehingga dapat dikatakan bahwa proses tersebut tidak terkendali. Hal ini menunjukkan terjadi penyimpangan yang tinggi dan pengendalian kualitas pada perusahaan memerlukan adanya perbaikan karena adanya titik berfluktuasi sangat tinggi dan tidak beraturan yang menunjukkan bahwa proses produksi masih mengalami penyimpangan.
Kata kunci : Pengendalian kualitas, Cacat produk, Ban dalam mobil
TATPKP220000985 | 60 TPKP 2022 c.1 | Ruang Karya Ilmiah | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain