Text
Pemanfaatan Web ATK Sebagai Sarana Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (Berkala Penelitian Teknologi Sepatu dan Produk Kulit)
Akademi Teknologi Kulit telah mempunyai website (http://www.atk.ac.id). Hasil rekap pada halaman pesan singkat, buku tamu dan e-mail (info@atk.ac.id) menunjukkan bahwa sebagian besar informasi yang dicari pengunjung website adalah informasi penerimaan mahasiswa baru (PMB). Hasil rekap tersebut juga menunjukkan, pencari informasi terkadang masih kesulitan menemukan tautan halaman dan banyak pertanyaan yang sama mengenai informasi PMB. Selain itu, data hasil laporan kegiatan PMB tahun 2008 s/d 2012 menunjukkan dua sumber informasi tertinggi didapat calon mahasiswa baru yaitu melalui presentasi sekolah dan website ATK. Untuk tahun 2012, sumber informasi melalui presentasi sekolah sebanyak 45,96% dan melalui website ATK sebanyak 34,41%. Berdasarkan hal tersebut, keberadaan website ATK perlu mendapat perhatian untuk dianalisis dan dikembangkan baik dari segi tampilan maupun informasi yang disajikan. Analisis masalah menggunakan (1) Diagram Sebab Akibat (Fishbone Diagram) untuk mendapatkan faktor-faktor penyebab pemasalahan pada kegiatan promosi PMB, (2) Analisis PIECES (Perfomance, Information, Economic, Control,Eficient dan Sevices) untuk membandingkan sistem promosi yang bersifat konvensional dan online (website), dan (3) analisis kondisi website ATK saat ini. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan website ATK dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan promosi dan pelayanan kegiatan PMB ATK dengan menambah halaman terpisah khusus untuk menampilkan informasi PMB. Penelitian ini menghasilkan satu website untuk informasi PMB ATK (http://ww.pmb.atk.ac.id) yang dapat diakses melalui tautan halaman (link) info maba dengan berbagai fasilitas yang disediakan terkait dengan promosi dan kegiatan pelayanan PMB ATK.
PD130004 | Vol 12 No 1 Januari 2013 | Ruang Karya Ilmiah | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain