Image of Pembuatan dan Penerapan SOP Quality Control untuk Meminimalisir Keluhan Pelanggan Di Gozzo Sleman Yogyakarta

Text

Pembuatan dan Penerapan SOP Quality Control untuk Meminimalisir Keluhan Pelanggan Di Gozzo Sleman Yogyakarta


Gozzo Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi produk kulit, seperti berbagai macam tas kulit pria maupun wanita, dompet kulit, leather gift dan lain-lain. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2021 sampai 6 April 2021. Metode pengambilan data yang dilakukan yaitu dengan mengambil data primer (observasi, interview, dan dokumentasi), serta data sekunder (studi pustaka). Gozzo Indonesia telah menerapkan proses Quality Control pada setiap produk yang mereka produksi. Meskipun demikian, berdasarkan data yang diperoleh ternyata masih terdapat komplain dari pelanggan mengenai produk tersebut. Penyebab adanya keluhan pelanggan yaitu diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu salah satunya tidak adanya SOP pada bagian Quality Control, sehingga para pekerja hanya mengandalkan panca indra saja tanpa adanya patokan atau standar yang telah dipatenkan oleh perusahaan. Metode penyelesaian masalah ini menggunakan metode diagram ishikawa / fishbone. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dapat dilakukan dengan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) pada bagian Quality Control.
Kata kunci : quality control, Standar Operasional Prosedur, keluhan pelanggan.


Ketersediaan
31700225343 TPPK 2021 c,.1Ruang Karya IlmiahTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
43 TPPK 2021 c,.1
Penerbit
Yogyakarta : Politeknik ATK.,
Deskripsi Fisik
xvi, 96 hlm., 30 cm +CD. Bibl hal 54-55
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
658.407 2 Bar p
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Prodi TPPK
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar